Melanoma Noduler dan Melanoma Akral Lentiginosa

https://www.ilmupenyakit.comMelanoma noduler, yaitu tipe melanoma paling sering kedua, merupakan nodul yang berbentuk sferis dan menyerupai blueberry dengan permukaan yang relatif licin serta berwarna biru-hitam yang seragam.

Melanoma ini bisa berbentuk kubah dengan permukaan yang licin. Bayangan warna yang lain seperti merah, kelabu atau ungu bisa terdapat.

Kadang-kadang  melanoma noduler tampak sebagai plak yang bentuknya ireguler. Pasien mungkin menjelaskan kelainan ini sebagai bullae berisi darah yang tidak mau hilang.

Melanoma noduler akan mengivasi langsung ke dalam lapisan dermis di dekatnya (pertumbuhan vertikal)  dan dengan demikian memiliki prognosis yang lebih buruk.

Melanoma akral-lentiginosa merupakan bentuk melanoma yang terdapat di daerah yang tidak terlalu tidak terpajang sinar matahari dan tidak terdapat folikel rambut.

Jenis melanoma ini ditemukan pada telapak tangan, telapak kaki, dasar kuku dan membran mukosa orang yang berkulit gelap.

Melanoma akral-lentiginosa tampak sebagai  makula berpigmen yang ireguler dan kemudian menjadi nodul. Jenis ini bisa menjadi invasif secara dini.