Nevus Pigmentosus

https://www.ilmupenyakit.comMola

Mola merupakan tumor kulit yang sering ditemukan dengan berbagai ukuran dan warna yang berkisar dari cokelat kekuningan hingga hitam.

Tumor ini dapat lesi berbentuk makula yang datar atau nodul atau papula yang menonjol dan kadang-kadang berisi rambut. Sebagian besar nevus pigmentosus merupakan lesi yang tidak berbahaya.

Kendati demikian pada kasus-kasus yang jarang terjadi dijumpai dapat terjadi perubahan malignan dan pada lokasi nevus tumbuh melanoma.

Sebagian pakar merasa bahwa  semua mola kongenital harus diangkat karena insidensi perubahan maglinannya yang tinggi. Nevus yang  memperlihatkan perubahan warna atau ukuran, atau yang menjadi nevus simtomatik (gatal) atau yang tepinya ireguler harus diangkat untuk menentukan apakah sudah terjadi perubahan maglinan.

Mola yang terjadi pada tempat-tempat yang tidak lazim harus diperiksa dengan cermat untuk menentukan iregularitas serta cekungan pada bagian tepi mola dan variasi warnanya, (Melanoma dini kerap kali memperlihatkan kemerahan serta iritasi dan daerah-daerah pigmentasi kebiruan dimana sel-sel yang mengandung pigmen terletak lebih dalam di dalam kulit ).

Nevus yang lebih besar daripada 1 cm harus diperiksa dengan cermat. Nevus yang dieksisi harus diperiksa secara histologis.