Cara Mengobati Pemfigus Vulgaris

https://www.ilmupenyakit.comTujuan terapi adalah untuk mengendalikan penyakit secepat mungkin, mencegah hilangnya serum serta terjadinya infeksi sekunder, dan meningkatkan pembentukan ulang epitel kulit (pembaruan jaringan epitel).

Kortikosteroid diberikan dengan dosis tinggi untuk  mengendalikan penyakit dan menjaga agar kulit bebas dari bula. Kadar dosis yang tinggi dipertahankan sampai kesembuhan terlihat jelas. Pada sebagian kasus, terapi kortikoesteroid harus dipertahankan seumur hidup penderitanya.

Kortikoesteroid diberikan bersama makanan atau segera sesudah makan, dan dapat disertai dengan pemberian antasid sebagai profilaksis untuk mencegah komplikasi lambung.

Yang penting pada penatalaksanaan terapeutik adalah evaluasi berat badan, tekanan darah kadar glukosadarah dan keseimbangan cairan setiap hari. (terapi kortikosteroid dosis tinggi memiliki efek toksinnya sendiri yang serius).

Preparat imunosupresif (azatioprin, siklofosfamid, emas) dapat diresepkan dokter untuk mengendalikan penyakit dan mengurangi takaran kortikosteroid.

Plasmaferesis (pertukaran plasma) secara temporer menurunkan kadar antibodi serum dan pernah digunakan dengan keberhasilan yang bervariasi sekalipun tindakan ini umumnya hanya dilakukan untuk kasus-kasus yang mengancam jiwa pasien.