Kortikosteroid Topikal Untuk Psoriasis

https://www.ilmupenyakit.comKortikosteroid topikal dapat dioleskan untuk memberikan efek anti inflamasi. Setelah obat ini dioleskan, bagian kulit yang diobati ditutup dengan kasa lembaran plastik oklusif (kasa oklusif) untuk menggalakkan penerasi obat dan melunakan plak yang bersisik.

Plaster yang dibubuhi kortikosteroid dapat digunakan pada  pasien dengan plak yang relatif sedikit tetapi resisten. Namun demikian sesudah terapi kortikosteroid dihentikan, psoriasis dapat muncul kembali dengan cepat (fenomena re-bound) dan pada sebagian kasus, menjadi lebih lebar.

Kalau psoriasis meliputi daerah tubuh yang lebih luas, biaya terapi kortikosteroid topikal menjadi lebih mahal. Pada keadaan ini, bentuk-bentuk terapi lainnya (ter batu- bara, sinar ultraviolet) dapat digunakan sebagai kombinasi. Seperti halnya anthralin, mencuci tangan sesudah mengoleskan obat merupakan hal yang harus ditekankan.

Balutan oklusif dapat diberikan pada beberapa daerah atau pada daerah yang lebih lebar. Sebagian pasien mungkin memerlukan balutan oklusif hidrokoloid (duo dream) pada seluruh tubuh.

Untuk pasien yang dirawat di rumah sakit, kantung plastik yang lebar dapat digunakan satu lembar untuk tubuh bagian atas (dengan ubang untuk kepala dan lengan) dan satu lembar lagi untuk tubuh bagian bawah (dengan lubang untuk kedua tungkai).

Cara ini membuat bagian ekstremitas saja yang masih perlu dibalut dengan balutan oklusif. Pada beberapa unit dermatologik digunakan rol plastik tubuler yang besar (seperti jenis lembaran plastik yang dipakai oleh perusahaan dry-cleaning untuk menutupi pakaian yang bersih).

  • Kalau menggunakan bahan ini, kita harus memeriksa sifat mudah terbakar yang dimilikinya. Beberapa lembar plastik yang dimilikinya. Beberapa lembaran plastik yang tipis akan terbakar dengan perlahan-lahan (jika tersentuh ujung rokok yang menyala), sementara jenis lainnya akan menyala dengan cepat. Kepada pasien harus diingatkan agar tidak merokok ketika dirinya dibalut dengan balutan oklusif.

Bagi pasien-pasien yang akan dirawat dirumah, pakaian jogging yang terbuat dari vinil plastik dapat dibeli ditoko pakaian. Setelah obatnya dioleskan, pakaian tersebut dikenakan. Tangan pasien dapat dibalut dengan sarung tangan, kaki dengan kantong plastik dan kepala dengan shower cap.