Perawatan Skabies di Rumah

https://www.ilmupenyakit.comPendidikan Pasien dan Pertimbangan Perawat di Rumah.

Pasien harus mengenakan pakaian yang bersih dan tidur diatas seprei yang baru saja dicuci  di binatu. Semua perangkat tempat tidur (seprei, sarung bantal dll), serta pakaian harus dicuci dengan air yang sangat panas dan dikeringkan dengan alat pengering panas karena kutu skabies  ternyata dapat hidup sampai 36 jam pada linen.

Jika linen tempat  tidur atau pakaian pasien tidak dapat di cuci dalam air panas, disarankan agar barang-barang tersebut dicuci secara dry-cleaning.

Sesudah terapi skabies selesai dilakukan, pasien harus mengoleskan salep seperti kortikosteroidtopikal pada lesi karena skabisida dapat mengiritasi kulit.

Hipersensitivitas pasien berhenti setelah kutu dihancurkan. Rasa gatal dapat terus berlangsung selama beberapa hari atau minggu  sebagai manifestasi hipersensitivitas, khususnya pada orang-orang yang atopik (alergik).

Keadaan ini bukan merupakan suatu tanda gagalnya terapi. Kepada pasien dianjurkan agar tidak mengoles lebih banyak skabisida (karena tindakan ini menambah iritasi serta meningkatkan rasa gatal) dan tidak semakin sering mandi dengan air panas (karena tindakan ini membuat kulit menjadi kering serta menimbulkan gatal).

Semua anggota keluarga dan orang yang berhubungan erat harus diobati secara bersamaan untuk menghilangkan kutu skabies. Jika skabies ditularkan lewat berhubungan erat harus diobati secara bersamaan untuk menghilangkan kutu skabies.

Jika skabies ditularkan lewat hubungan seks, pasien mungkin memerlukan terapi terhadap penyakit seksual yang turut terdapat. Skabies dapat dijumpai bersama dengan pedikulosis.