Infeksi Jamur Pada Kuku

https://www.ilmupenyakit.comTinea Unguium (onikomikosis)

Tine unguium (jamur pada kuku) merupakan infeksi jamur yang kronis pada kuku jari kaki atau yang itdak begitu sering dijumpai, pada kuku jari tangan.

Penyakit jamur kuku biasanya disebabkan oleh spesies Trichophhyton (T.rubrum, T.mentagrophytes) atau candida albicans.

Biasanya tine unguium disertai dengan infeksi jamur yang lama pada kaki. Kuku menjadi tebal, rapuh dan tidak mengkilap. Kemudian akan tertimbun debris pada ujung bebas kuku, dan akhirnya lempeng kuku akan terlepas. Karena sifat kronis penyakit ini, keseluruhan kuku dapat hancur.

Penatalaksanaan.

Griseofulvin biasanya diresepkan dokter sebagai preparat oral yang diminum selama 6 bulan hingga 1 tahun kalau kuku jari tangan turut terkena.

Namun, griseofulvin tidak berkhasiat untuk mengobati infeksi kandida; infeksi ini harus di obati secara topikal dengan lotion amfoterisin-B, mikonazol, klotrimazol, nistatin atau pun preparat lainnya.

Umumnya produk ini memiliki daya penetrasi yang jelek, dan infeksi jamur pada kuku sulit diobati. Respon terhadap terapi griseofulvin pada infeksi jamur kuku jari kaki tidak begitu baik. Kerapkali infeksi timbul kembali begitu terapi dihentikan.