Penyakit Jamur Lipat Paha

https://www.ilmupenyakit.comTinea Kruris

Tinea kruris (“jock itch”) merupakan infeksi jamur pada lipat paha yang yang dapat meluas ke paha bagian dalam dan daerah pantat. Infeksi ini umumnya disertai dengan tinea pedis.

Tinea krurispaling sering terjadi pada pelari yang berusia muda, orang-orang yang gemuk dan yang mengenakan pakaian dalam yang ketat.

Penatalaksanaan.

Infeksi yang ringan dapat diobati dengan preparat topikal seperti klotrimazol, mikonazol atau haloprogin selama sedikitnya 3 hingga 4 minggu untuk memastikan eradikasi totak infeksi tersebut. Preparat griseofulvin oral diperlukan untuk infeksi yang lebih parah.

Pendidikan Pasien dan Pertimbangan Perawatan di Rumah.

Panas, gesekan dan maselari (akibat keringat) merupakan predisposisi timbulnya infeksi jamur. Kepada pasien sebanyak mungkin dianjurkan untuk menghindari panas serta kelembaban yang berlebihan dan tidak mengenakan pakaian dalam dari nilon, pakaian yang ketat serta baju mandi yang basah.

Daerah lipat paha harus di bersihkan, dikerinngkan dengan seksama dan di bedaki dengan preparat topikal antijamur seperti tolnaftat (Tinactin) sebagai tindakan pencegahan karena infeksi ini cenderung timbul kembali.