Karbunkel Pada Kulit

https://www.ilmupenyakit.comKarbunkel merupakan abses pada kulit dan jaringan subkutan yang menggambarkan perluasan sebuah furunkel yang telah menginvasi beberapa buah folikel rambut; karbunkel berukuran besar dan memiliki letak yang dalam.

Biasanya keadaan ini disebabkan oleh infeksi stafilokokus. Karbunkel paling sering ditemukan di daerah yang kulitnya tebal dan tidak elastis.

Bagian posterior leher dan bokong merupakan lokasi yang sering. Pada karbunkel, inflamasi yang luas sering tidak diikuti dengan pengisolasian total infeksi tersebut sehingga terjadi absorpsi yang mengakibatkan panas tinggi, rasa nyeri, leukosotosis dan bahkan penyebaran infeksi ke dalam darah.

Furunkel dan karbunkel lebih cenderung terjadi pada penderita dengan penyakit sistemik yang melandasinya, seperti diabetes atau kelainan malignitas hematologi, dan pada pasien yang mendapat terapi imunosupresi untuk penyakit lainnya. Kedua hal ini lebih prevalen pada udara yang panas, khususnya pada kulit di balik pakaian yang tertutup rapat.