Bisul Pada Folikel Rambut

https://www.ilmupenyakit.comFurunkel (bisul) merupakan inflamasi akut yang timbul dalam pada satu atau lebih folikel rambut dan menyebar ke lapisan dermis di sekitarnya.

Kelainan ini lebih dalam dari pada folikulitis; (Furunkulosis mengacu kepada lesi yang multipel atau rekuren). Furunkel dapat terjadi pada setiap bagian tubuh kendati lebih prevalen pada daerah-daerah yang mengalami iritasi, tekanan, gesekan dan perspirasi yang berlebihan, seperti bagian posterior leher, aksila atau pantat (gluteus).

Furunkel dapat berawal sebagai “jerawat” yang kecil, merah, menonjol dan terasa sakit.

Kerapkali infeksi ini berlanjut dan melibatkan jaringan kulit serta lemak subkutan dengan menimbulkan nyeri tekan, rasa sakit dan selulitis di daerah sekitarnya.

Daerah kemerahan dan indurasi menggambarkan upaya tubuh untuk menjaga agar infeksi tetap terlokalisasi. Bakteri (biasanya stafilokokus) menimbulkan nekrosis pada jaringan tubuh yang diserangnya.

Terbentuknya bagian tengah bisul yang khas terjadi beberapa hari kemudian. Kalau hal ini terjadi, bagian tengah tersebut menjadi berwarna kuning atau hitam, dan bisul semacam ini dikatakan oleh orang awan sebagai bisul “yang sudah matang”.