Folikulitis Infeksi Stafilokokus

https://www.ilmupenyakit.comFolikulitis

Folikulitis merupakan infeksi stafilokokus yang timbul dalam folikel rambut. Lesi bisa bersifat superfisial atau dalam. Papula atau pustula yang tunggal atau multipel muncul di dekat folikel rambut.

Folikulitis sering terlihat di daerah dagu pada laki-laki yang mencukur janggutnya dan pada tungkai wanita. Daerah lainnya adalah aksila, batang tubuh dan bokong.

Pseudofolikulitis barbae (“shaving bumps”) merupakan reaksi inflamasi wajah pada laki-laki berambut keriting yang terjadi karena pertumbuhan rambut ke dalam yang menusuk ke kulit dan memicu reaksi iritatif.

Rambut yang keriting memiliki akar yang melengkung dan tumbuh dengan sudut yang lebih lancip. Keadaan ini yang menjadi masalah yang umum di jumpai diantara laki-laki Afro-Amerika  kendati dapat pula terjadi pada etnik lainnya.

Terapi awalnya adalah dengan menghindari mencukur rambut dan membiarkan pertumbuhan rambut janggut. Jika hal ini tidak mungkin dilakukan, sikat rambut dapat digunakan pada bagian wajah untuk membebaskan rambut yang terperangkap itu secara mekanis. Bila pasien ingin membersihkan wajahnya dari rambut, pemakaian krim perontok rambut dapat membantu.