Antibiotik Sistemik Untuk Jerawat

https://www.ilmupenyakit.comPreparat antibiotik oral, seperti tetrasiklin, yang diberikan dengan dosis kecil dalam periode waktu yang lama sangat efektif untuk mengobati pasien-pasien dengan akne tersebut bersifat inflamatorik serta menimbulkan pustula, abses dan sikatriks.

Terapi dapat dilanjutkan selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Kepada pasien disarankan untuk meminum tetrasiklin paling tidak 1 jam sebelum makan  atau 2 jam sesudah makan, karena obat ini sulit untuk diserap bersama makanan.

Pemakaian tetrasiklin merupakan kontraindikasi pada anak-anak di bawah usia 12 tahun dan pada wanita ibu hamil. Meskipun obat ini dianggap aman untuk pemakaian jangka panjang bagi sebagian besar kasus, pemberiannya selama kehamilan dapat mempengaruhi gigi yang sedang tumbuh karena akan menyebabkan hipoplasia enamel dan perubahan warna yang permanen pada gigi bayi.

Efek samping tetrasiklin mencakup fotosensitivitas, mual, diare, vaginitis pada wanita dan infeksi kulit pada laki-laki maupun wanita, (Pada sebagian wanita, antibiotik yang berspektrum luas dapat mensupresi bakteri vagina yang normal dan merupakan predisposisi timbulnya kandidiasis, suatu infeksi jamur, pada pasien).