Terapi Diet dan Higiene Kulit Dalam Pengobatan Jerawat

https://www.ilmupenyakit.comTerapi Diet.

Meskipun pembatasan makanan terus dianjurkan dalam penanganan akne, diet tidak memainkan peranan yang utama dalam terapi.

Penghindaran jenis atau produk makanan tertentu yang berkaitan dengan peningkatan intensitas akne, seperti cokelat, cola, gorengan atau produk susu harus digalakkan.

Higiene Kulit.

Pada kasus-kasus akne yang ringan, tindakan yang diperlukan mungkin hanya dengan membasuh muka dua kali sehari dengan sabun pembersih muka seperti Lava, Dial atau Neutrogena. Jenis sabun ini dapat menghilangkan minyak kulit yang berlebihan dan pada sebagian besar kasus melenyapkan komedo.

Metode lain yang efektif untuk menghilangkan komedo adalah dengan pemakaian spons abrasif seperti Buf-Puf. Tindakan memberikan nasihat yang positif untuk menenteramkan kekhawatiran pasien, mendengarkan keluhan pasien dengan penuh perhatian dan bersikap sensitif terhadap perasaan pasien merupakan unsur-unsur penting yang turut memberikan kontribusinya dalam menciptakan kesehatan psikologis pasien dan pemahamannya mengenai penyakit serta rencana terapinya.

Penggunaan krim atau produk kosmetik yang berbahan dasar minyak tidak dianjurkan. Banyak preparat yang dijual bebas di toko-toko obat diklaim oleh produsennya sebagai obat yang efektif untuk menangani akne.

Namun, kemujaraban preparat semacam itu patut dipertanyakan; pada sebagian kasus, preparat tersebut malahan membuat keadaan akne bertambah parah.

Kepada pasien harus disarankan untuk menghentikan pemakaian obat bebas yang dibelinya sendiri dan tetap mematuhi terapi yang diresepkan oleh dokter.

Lamanya terapi bergantung pada luas dan beratnya akne. Pada kasus-kasus yang berat, lamanya terapi dapat melampaui waktu beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun.