Defisiensi Lemak

https://www.ilmupenyakit.comPada binatang percobaan defisiensi lemak menimbulkan defisiensi PUFA yang memberikan gejala-gejala kalainan kulit dan rambut, meskipun hal ini tidak pernah dilaporkan terjadi pada penderita manusia.

Namun demikian, dilaporkan kelainan kulit muka dan kulit kepala pada anak-anak yang disembuhkan dengan pemberian minyak nabati sumber PUFA.

Penyakit obesitas memberikan gejala kelebihan jaringan lemak didalam tubuh, tetapi sebab yang sebenarnya adalah kelebihan konsumsi energy dibandingkan dengan kebutuhan tubuh. Ada pula penyakit obesitas yang disebabkan oleh kelainan hormonal.

Didalam dinding jantung dan dijaringan subkutan daerah interskapular terdapat apa yang disebut lemak cokelat (brown fat). Dahulu lemak cokelat ini dianggap sebagai gejala suatu penyakit, yang disebut “brown fat disease”, tetapi yang stikliniknya tidak diketahui.

Sekarang brown fat tidak dianggap sebagai gejala sesuatu penyakit, tetapi dianggap mempunyai fungsi fisiologik normal, untuk meningkatkan induksi panas dan meningkatkan suhu tubuh.

Brown fat lebih banyak terdapat pada bayi, yang dengan bertambahnya umur, jumlah brown fat semakin berkurang. Pada orang dewasa masih dijumpai didaerah subkutan interskapular.

Suhu jaringan disekitar brown fat ini lebih tinggi secara local dibandingkan dengan jaringan sekitarnya.