Pelupa atau Lemah Ingatan

https://www.ilmupenyakit.comPelupa atau lemah ingatan adalah keadaan, daya ingat seseorang tidak berfungsi lagi seperti biasa. Daya ingat adalah kemampuan seorang individu untuk “memproduksi” (Mengambil kembali) peristiwa tertentu yang telah terjadi dimasa lalu atau baru terjadi.

Kemampuan ini menurun bila misalnya janji serig lupa atau nomor telepon sukar diingat. Atau bila pergi kesuatu tempat dirumah tidak tahu lagi apa yang hendak dilakukan. Juga sering terdengar keluhan tentang “hilangnya” benda sehari-hari, seperti kaca mata atau kunci mobil, yang lupa dimana meletakkannya.

 Pada lansia kemunduran daya ingat terjadi spontan dan merupakan sesuatu yang normal. Tetapi penderita merasa frustasi dan sering khawatir karena dianggap sebagai awal dari kepikunan (demensia).

Tetapi demensia (gejala utama dari penyakit Alzeimer) adalah penyakit degenaratif yang sangat berbeda karena fungsi saraf otak berangsur-angsur mundur dan rusak.

Akhirnya penderita demikian tidak mengetahui lagi hal-hal yang baru terjadi, nama keluarga dekat dan penanggalan, perilakunya juga berubah dengan drastic .

Sebaliknya gejala pelupa adalah gangguan yang lazim terjadi  pada proses menua dan tidak perlu dikhawatirkan. Setiap orang kadang-kadang mengalami masa pelupa, terutam pada saat dengan banyak kesibukan atau stress.