Perawatan Dalam Penanganan Kutu Kepala

https://www.ilmupenyakit.comMencukur gundul dan sisir serit.

Penanganan yang paling efektif, tetapi sukar diterima oleh penderita, adalah mencukur gundul kepala, atau menggunting rambut sependek mungkin, terutama anak kecil.

Cara lain yang efektif adalah menyisir rambut setiap hari dengan sisir serit secara seksama selama dua minggu sehingga semua kutu, larva dan telur dikeluarkan. Karena mungkin sekali kutu sudah ditularkan pada anggota keluarga lain, mereka pun harus menjalani “proses penyisiran”.

Reinfeksi dengan benda-benda yang sudah “ditulari” kutu atau telurnya harus dicegah, yakni sisir, pakaian, sarung bantal kepala dan sprei tempat tidur. Benda-benda ini harus dicuci dengan air panas pada suhu diatas 600 Cuntuk memusnahkan parasit.

Pengobatan efektif dapat dilakukan dengan beberapa zat insektisid, yaitu malation 0,5% (Prioderm) dan linden 0,5% (komb:peditox).

Larutan alcohol dari malation dimasase kedalam kulit kepala dan harus dibiarkan selama 8-12 jam, lalu rambut dicuci. Kemudian telur-telur yang mati sebaiknya dikeluarkan dengan sisir serit.

Bila perlu pengobatan dapat diulang setelah 1 minggu. Setelah pengobatan, baju dan seprei harus diganti untuk menghindari re-infeksi. Sebaiknya anggota keluarga lainnya juga serentak ditangani.

Wanita hamil dan menyusui dapat menggunakan obat-obat ini bila aturan pakainya ditaati dengan baik. Obat yang semula banyak digunakan, insektisida D.D.T, karena terlalu beracun sudah lama ditinggalkan.

Walaupun efektifitasnya lebih rendah dibandingkan melation tetapi jauh kurang toksis, dimetikon 4% dalam alcohol dapat digunakan (Off label) terhadap kutu rambut. Seperti diketahui dimetikon sebetulnya adalah suatu zat yang digunakan dalam obat terhadap misalnya perut kembung.