Cara Menangani Kutu Air

https://www.ilmupenyakit.comObat antijamur (fungisid) yang berkhasiat baik dan merupakan pilihan pertama adalah mikonazol (Daktarin tingtur, krem dan serbuk 2%). Begitupula turun-turunannya Klotrimazol (Canesten) dan isokonazol (Travogen)

Pilihan kedua adalah terbinafin (salep atau tingtur), juga digunakan 2 kali sehari sampai sembuh dalam 2-6 minggu. Sebagai pilihan ketiga dianjurkan tingtur poviden-iod dengan khasiat fungisid kuat dan cara penggunaan sama.

Sebelum obat digunakan, penting terlebih dahulu membersihkan kaki dengan air tanpa menggunakan sabun. Semua serpihan kulit di sekitar tempat infeksi dibuang, lalu dikeringkan baik-baik dengan handuk yang digunakan khusus untuk ini.

Dengan cara mengolesi obat setiap 2 kali sehari, spora dapat dimusnahkan dalam waktu 2-4 minggu. Pengobatan hendaknya dilanjutkan beberapa minggu lagi setelah semua gejala hilang.

Jamur kaki dapat diobati dengan krem/salep atau tingtur fungisid, juga dalam bentuk serbuk yang ditaburkan pada kaki, ke dalam kaos kaki dan sepatu untuk menghindari infeksi kembali (reinfeksi).

Jamur kuku biasanya lebih ulet karena spora kebanyakan menghuni di bagian bawah pangkal kuku. Lokasi ini sangat sulit untuk dicapai oleh obat karena kuku terutama terdiri dari keratin yang praktis tidak dapat ditembus oleh kebanyakan krem/salep antijamur.

Oleh karena itu sediaan tingtur dalam alkohol atau minyak atsiri, yang mampu menembus keratin lebih efektif. Bila pengobatan dimulai sedini mungkin, infeksi dapat lebih mudah disembuhkan. Penyembuhan kuku yang sudah terinfeksi seluruhnya memerlukan waktu satu tahun, atau bahkan lebih lama lagi.