Penyebab dan Diagnosis Kutu Air

https://www.ilmupenyakit.comKutu air, disebut juga athelete’s foot”, adalah infeksi jamur yang sering kali terjadi di antara jari-jari kaki. Pada umumnya disebabkan kaki tidak dikeringkan dengan baik setelah mandi, atau juga akibat kaki lembab berkeringat. Walaupun disebut athlete’s foot, bukan hanya olahraga-wan, tetapi semua orang dapat terinfeksi jamur ini.

Kulit tampak merah, rasa terbakar dan sangat gatal, pecah-pecah dan terkelupas, kemudian berwarna kelabu-putih dan bersisik. Seringkali mengeluarkan bau yang tidak sedap, terutama bila berkeringat. Jika tidak diobati, infeksi dapat menjalar ke seluruh kaki dan kuku.

Jamur membentuk suatu enzim yang bisa melarutkan keratin (bahan kuku), hingga struktur kuku menjadi rapuh. Kuku berwarna keputih-putihan, biasanya dari jempol kaki dan gangguan ini disebut kuku kapur.

Jamur bersifat agak menular melalui sporanya, tetapi tidak semua orang sama pekanya terhadap infeksi. Tidak diketahui mengapa orang yang satu lebih mudah terinfeksi jamur di bandingkan yang lain.

Penyebabnya

Kutu air disebabkan oleh infeksi denga suatu jamur kulit (dermatofyt), melalui spora-sporanya yang terdapat dimana-mana di tanah. Spora ini sangat ulet dan dapat bertahan terhadap suhu rendah atau tinggi dan dapat hidup bertahun-tahun.

Bila keadaan sekitarnya menguntungkan (suhu dan kelembapan tinggi) spora mulai berkembang dan membentuk benang-benangnya (hifa) lagi.

Diagnosis:

Dengan menganalisa serpihan di bawah mikroskop dengan setetes larutan (tes KOH), benar-benar karakteristik dapat dipilih dan jamur terdektesi.