Cara Penanganan dan Pengobatan Kutil

https://www.ilmupenyakit.comKutil adalah benjolan bundar kecil dan licin sebesar kepala korek api sampai sebesar kacang polong, yakni tidak bersifat ganas (berlainan dengan kanker kulit). Terutama terdapat pada anak-anak, sering kali dibalik tangan, di bawah kaki dan di muka.

Penyebabnya adalah virus dan bersifat agak menular melalui kontak (lantai, handuk, alat cukur, bak pasir tempat anak bermain, dan sebagainya).

Masa inkubasi lama, artinya setelah terinfeksi kutil baru timbul 2 sampai 12 bulan kemudian. Orang dewasa jarang dihinggapi kutil, mungkin sudah kebal karena pernah terinfeksi dan terdapat zat-zat anti (antibodies) dalam darah.

Sekitar 50% dari kutil hilang dengan spontan setelah beberapa waktu, tetapi adakalanya sangat sulit disembuhkan. Kutil yang cenderung meradang, atau meyumbat liang tubuh (dalam hidung atau di liang telinga) perlu segera dikonsultasikan pada dokter.

Pada umumnya kutil tidak atau hanya sedikit menyebabkan keluhan, tetapi kutil ditangan dapat sangat mengganggu. Kutil di telapak kaki menimbulkan nyeri akibat tekanan atas tulang pada waktu berjalan.

Pengobatan sendiri dapat dilakukan dengan zat-zat yang bersifat mengetsa, artinya merusak atau membakar sel, pada umumnya zat-zat yang bereaksi asam seperti fenol dan peraknitrat. Begitupula asam laktat dan asam salisilat yang kedua-duanya terdapat dalam sediaan apotik Collodium ad verucas (10%-10% dalam kolodium) dan dalam obat paten bebas (Collomack).

Setelah kulit disekitarnya dilindungi dengan sedikit vaselin, lalu kutil diolesi secara hati-hati dengan obat ini 2 kali sehari; kutil biasanya akan lisut dalam waktu satu atau dua minggu.

Collodium adalah larutan 3% dan selau losa-nitrat dalam campuran eter dan alkohol, yang setelah zat pelarut mengupa meninggalkan suatu lapisan bening yang agak keras.

Perhatian! Waspadai kutil yang berubah dengan jelas bentuk atau warnanya karena ini mungkin adalah isyarat akan menjadi sel-sel ganas (kanker kulit).perlu untuk diperiksakan lebih lanjut oleh dokter.!

Penanganan oleh dokter.

Kutil yang selalu kambuh perlu ditangani oleh dokter, yang dapat menghilangkannya melalui pembakaran melalui arus listrik (kauterisasi) atau dengan pembedahan (setelah dimatikan rasa).

Cara lain adalah menggunakan karbondioksida atau nitrogen cair, yang disemprotkan pada kutil dan mengakibatkan pembekuan dan pemusnahannya pada suhu minus 400C.

Sering kali prosedur ini perlu diulang 1 atau 2 kali lagi dengan selang satu minggu. Kutil yang dihilangkan dengan cara ini sering kali cenderung kambuh lagi.