Cara Perawatan dan Pengobatan Keseleo

https://www.ilmupenyakit.comPersendian kita, antara lain tumit, diselubungi oleh jaringan ikat yang berbentuk seperti tali atau pita sebagai penghubung tulang-tulang dan memberikan support serta keseimbangan.

Bila jaringan ini diregangkan (stretch) melampaui batas, dapat timbul kerusakan atau pembengkakan, yang disebut salah urat atau khususnya pada bagian kaki keseleo. Cedera ini sangat nyeri dan biasanya disertai pembengkakan yang sering kali timbul pada olahragawan.

Kadang-kadang sukar untuk segera dapat ditentukan apakah cedera demikian disebabkan oleh salah urat, patah tulang atau sebab lain. Oleh karena itu biasanya perlu dilakukan pemeriksaan melalui sinar Rontgen.

Perawatan Sendiri

Cedera salah urat ringan dapat sembuh dengan beristirahat beberapa hari dan untuk sementara tidak membebani sendi tersebut secara berlebihan yang dapat mengakibatkan menjadi lebih parah.

Tindakan pertama untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan adalah untuk segera mendinginkan bagian yang cedera dengan kompres es batu.

Dengan dapat dikurangi perdarahan internal dan menumpuknya cairan di bagian tersebut. Cara lain adalah menggunakan pembalut elastik (lebih baik daripada pembalut gips), tetapi jangan terlalu ketat agar supaya sirkulasi darah tidak terganggu.

Juga diusahakan jangan sampai bagian yang cedera tidak menggantung, tetapi menggunakan suatu topangan, misalnya bantal. Dengan demikian proses pembengkakan dapat diminimalisasi.

Cara Menghindari

a. Menggunakan sepatu yang cocok untuk aktivitas sehari-hari.

b. Memperhatikan kedataran lainta saat berjalan dan menjaga keseimbangan tubuh.

c. Memperkuat sendi-sendi dengan latihan

Pengobatan

Pembengkakan dan nyeri dapat dikurangi atau dihindari dengan obat-obat seperti parasetamol dan asetosal, yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri. Tetapi lebih ampuh adalah ibuprofen atau naproksen yang berdaya menghilangkan rasa nyeri dan pembengkakan.