Cara Mencegah dan Mengatasi Kegemukan

https://www.ilmupenyakit.comPencegahan

Menghindari dan mengatasi kegemukan pada prinsipnya tidak terlalu sukar. Caranya dapat dirangkum dalam dua kalimat, yakni makan secukupnya (membatasi asupan energi) serta meningkatkan aktivitas. Misalnya dengan setiap hari berjalan atau bersepeda selama 30 menit secara intensif. Untuk petunjuk lainnya mengenai diet sehat.

Pengobatan Sendiri

Untuk pengobatan sendiri dikenal beberapa zat alternatif yang dapat dibeli bebas sebagai food supplement, yaitu krom-pikolinat dan CLA (Conjugated Linoleinic Acid).

Zat-zat ini dapat membantu menurunkan berat badan dengan menstimulasi pembakaran lemak, terutama lemak di bagian perut. Kedua zat ini juga di perkirakan dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida, selain menakan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis sehingga menjadi lebih mudah menolak kudapan.

Di samping kerja lipolitiknya, CLA (suatu asam lemak dengan dua ikatan rangkap) berdaya antitumor dengan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat proses oksidasi dan meningkatkan jumlah ontioksidan glutatin.

Dosis: 1 kali sehari 400 mikrogram krom dan 3 kali sehari 1000 mg CLA.

Pengobatan oleh Dokter

Yang terpenting adalah mengubah pola hidup dengan melakukan pembatasan asupan makanan dan meningkatkan aktivitas. Bila pola hidup tidak berubah, maka minum obat pelangsing tidak akan bermanfaat untuk menurunkan IMT sampai di bawah 25 karena dengan cepat berat badan akan naik kembali pada tingkat semula.

Bila semua tindakan yang berkaitan dengan pola hidup belum juga memberikan hasil memuaskan, obat pelangsing dapat membantu menurunkan berat badan. Yang sering digunakan adalah orlistat, sibutramin dan rimonabant, tetapi efek obat-obat ini hanya ringan, ±5% setelah penggunaan 1 tahun.

Efek sampingnya berupa keluhan saluran cerna, takikardia dan depresi membuat 40-50% dari penggunanya menghentikan pengobatan.