Neoplasma dan Gangguan Neurovaskuler

https://www.ilmupenyakit.comNeoplasma primer pada persendian, selubung tendon dan bursa jarang dijumpai. Kebanyakan neoplasma timbul dari sinovium dan bersifat benigna.

Tumor yang benigna ini mencakup keadaan neoplasma dan tumor seperti lipoma, hemangioma serta fibroma dan lesi mirip tumor seperti ganglion, bursitis serta kista sinovial.

Tumor yang maligna mencakup tumor primer seperti sarkoma sinovial serta tulang dan tumor sekunder seperti manifestasi invasi sendi oleh leukemia, limfoma serta mieloma atau metastasis karsinomatous. Neoplasma dapat dilaporkan sebagai rasa nyeri pada punggung atau leher.

Gangguan Neurovaskuler mencakup sindrom kompresi seperti yang terjadi pada penjepitan saraf perifer (carpal tunnel syndrome), radikulopati dan stenosis spinal. Fenomena atau penyakit Raynaud dan eritromelalgia juga termasuk ke dalam kategori ini.

Gangguan tulang dan kartilago mencakup osteoporosis, osteomalasia, osteoartropati hipertrofik, hiperostosis skeletal idiopatik difusa, penyakit paget, osteonekrosis, nekrosis avaskuler, kostokondritis, osteolisis atau kondrolisis dan abnormalitas biomekanis atau anatomis. Khususnya keadaan ini meliputi destruksi, infeksi atau remodeling tulang.