Artritis yang Berkaitan dengan Agens Infeksius

https://www.ilmupenyakit.comArtritis, tenosinovitis dan bursitis dapat menyertai penyebab yang menular. Sebagian inflamasi pada sendi, tendon dan bursa berhubungan lansung dengan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau parasit.

Artritis bakterialis merupakan bentuk artritis infeksiosa yang paling cepat menghancurkan sendi. Ada dua kelompok utama artritis bakterialis:

1.  Artritis yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhea dan

2. Bakteri non-gonokokus.

Penyebab non-gonokokus yang paling prevalen adalah Staphylococcus aureus dan berbagai varian streptokokus. Penyebab patogen yang lebih jarang dijumpai berhubungan dengan penyakit sifilis, tuberkulosis, lepra, fungus (khususnya koksidiomikosis), mikoplasma dan virus seperti rubella, parvovirus serta hepatitis B.

Gejalanya yang khas berupa pembengkakan dan rasa panas pada sendi dengan awitan yang akut. Diagnosis dibuat lewat pemeriksaan kultur bakteri dari cairan sinovial.

Kedaan ini merupakan kedaruratan medik yang memerlukan diagnosis dini dan terapi yang tepat untuk menghilangkan mikroorganisme penyebab karena bila tidak, sendi dapat dihancurkan dalam tempo yang relatif cepat.