Perawatan Skeroderma Kulit

https://www.ilmupenyakit.comPenilaian keperawatan dapat difokuskan pada perubahan sklerotik kulit, kontraktur jari-jari tangan dan perubahan warna atau lesi pada ujung-ujung jari tangan.

Pengkajian gangguan sistemik memerlukan peninjauan terhadap berbagai sistem dengan memberikan perhatian khusus kepada gejala-gejala gastrointestinal, pulmoner, renal dan jantung.

Keterbatasan pada mobilitas dan aktivitas perawatan-mandiri harus dikaji bersama dampak yang telah (atau yang akan) ditimbulkan oleh penyakit pada citra tubuh. Rujukan kepada Bagan 52-2 dapat dilakukan untuk memperoleh panduan bagi penilaian berbagai masalah multisistem.

Asuhan keperawatan bagi penderita skleroderma kulit harus dilaksanakan berdasarkan rencana asuhan dasar bagi pasien-pasien penyakit reumatik.

Masalah yang paling sering ditemukan pada penderita skleroderma kulit mencakup gangguan integritas kulit; kurang kemampuan dalam melaksanakan perawatan-mandiri; perubahan nutrisi yang membuat asupan nutrisi lebih kecil dari kebutuhan tubuh;dan gangguan citra tubuh.

Pasien yang penyakitnya sudah lanjut dapat pula menghadapi masalah dengan terganggunya pertukaran gas, berkurangnya curah jantung, gangguan menelan, dan konstipasi.