Cara Pencegahan dan Penanganan Cacar Air

https://www.ilmupenyakit.comPencegahan

Cacar air dapat dihindari dengan pemberian vaksinasi pada anak usia 1 sampai 1,5 tahun. Disamping lima jenis imunisasi yang wajib diberikan kepada bayi usia 0-11 bulan, yaitu polio, BCG, hepatitis B, DPT dan campak, Vaksinasi terhadap cacar air atau varicella merupakan imunisasi yang dianjurkan

Menurut perkiraan 80% dari orang dewasa pernah terinfeksi cacar air selama masa kanak-kanak. Wanita yang hamil tua dan belum pernah menderita cacar air setelah bersentuhan dengan pasien demikian mempunyai risiko besar bayinya dilahirkan dengan penyakit ini.

Akibatnya dapat menimbulkan cacat hebat seperti kelainan pada mata, kaki, jaringan otot dan otak. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya diberi suntikan dengan serum varicella zoster, supaya bayi yang dilahirkan tidak terinfeksi.

Penanganan

Dalam kasus ringan penanganan hanya terbatas pada gejala-gejalanya saja. Kompres basah dapat dikenakan pada kulit terhadap gatal-gatal untuk mencegah penderita menggaruk yang dapat menyebabkan infeksi dan parut. Kulit harus sering kali dicuci dengan air dan sabun agar tidak timbul infeksi sekunder oleh kuman.

Serbuk mentol-talk 1% sering kali digunakan untuk mengatasi gatal-gatal dan kadangkala dapat diminum antihistamin.

Dalam keadaan lebih parah (demam tinggi, tubuh sakit sekali) hendaknya segera berkonsultasi dokter, yang bila perlu meresepkan zat antivirus asiklovir atau valasiklovir, yang harus diminum dengan dosis tinggi selama minimal 15 hari.