Mengenal Gejala Penyakit Cacar Air

https://www.ilmupenyakit.comCacar air atau varicella merupakan penyakit yang sangat menular dan pada umumnya timbul pada balita antara 1 dan 8 tahun. Disebabkan oleh virus (varicella zoster) yang ditularkan melalui tetes-tetes kecil (ludah, napas) dalam udara.

Gejalanya

Setelah masa inkubasi 2 sampai 3 minggu cacar air sering kali diawali dengan demam ringan. Lalu timbul berkolompok bintik-bintik kecil merah yang kemudian berisi cairan, permulaan pada batang tubuh, kemudian pada muka, leher, tangan dan kaki.

Setelah beberapa hari sampai 2 minggu gelembung-gelembung yang sangat gatal ini akan mengering. Waspada adanya infeksi bila gelembung ini terbuka akibat digaruk! Di sampin gejala kulit juga timbul sakit kepala dan perasaan tidak nyaman (malaise) yang biasanya berlangsung 4-7 hari.

Cacar air bersifat menular dari satu hari sebelum gelembung-gelembung terbuka sampai menjadi kering seluruhnya. Pada penderita anak biasanya bintik-bintik akan sembuh tanpa parukt dalam 1-2 minggu.

Pada orang dewasa penyakit dapat berlangsung lebih serius dengan nyeri kepala serta punggung yang hebat dan terutama pada mereka yang sistem imunnya bermasalah akibat penyakit lain atau obat (antikanker, prednison).

Sinannaga (Herpes zoster, shingles, gordelroos). Seorang yang pernah menderita cacar air akan menjadi imun seumur hidup, artinya tidak bisa terinfeksi lagi untuk kedua kalinya oleh virus yang sama.

Tetapi virus cacar air tidak dimusnahkan dengan tuntas dan masih tetap bersembunyi di dalam tubuh. Kadang-kadang di kemudian hari karena salah satu sebab, virus menjadi aktif kembali sebagai penyakit sinannaga.

Penyakit infeksi ini mengakibatkan timbulnya gelembung-gelembung berisi cairan dan rasa sangat nyeri pada saraf. Penyebabnya adalah virus yang sama dengan virus herpes yang menyebabkan cacar air.