Pengobatan Virus Herpes Zoster dan Virus Herpes Kelamin

Pengobatan Virus Herpes Zoster dan Virus Herpes KelaminILMUPENYAKIT.COM – Penyakit herpes merupakan suatu penyakit radang kulit yang di tandai dengan pembentukan gelembung-gelembung berisi cairan yang berkelompok.

Semua orang berpotensi untuk terinfeksi virus herpes ini, baik dengan menimbulkan gejala ataupun tidak menimbulkan gejala apa bila kekebalan tubuh melemah.

Secara umum, seluruh jenis penyakit herpes dapat menular melalui kontak langsung. Namun pada herpes zoster, seperti yang terjadi pada penyakit cacar (chickenpox), proses penularan bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah.

Seseorang yang pernah mengalami cacar air dan kemudian sembuh, sebenarnya virus tidak 100% hilang dari dalam tubuhnya, melainkan bersembunyi di dalam sel ganglion dorsalis sistem saraf sensoris penderita. Ketika daya tahan tubuh (Immun) melemah, virus akan kembali menyerang dalam bentuk Herpes zoster dimana gejala yang ditimbulkan sama dengan penyakit cacar air (chickenpox). Bagi seseorang yang belum pernah mengalami cacar air, apabila terserang virus varicella-zoster maka tidak langsung mengalami penyakit herpes zoster akan tetapi mengalami cacar air terlebih dahulu.

Penularan herpes kelamin terjadi dengan menyentuh, mencium, dan juga melalui kontak seksual pada alat kelamin, anal dan oral seks. Herpes dapat ditularkan dari penderita ke pasangannya dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya. Kontak langsung dari kulit ke kulit dapat menularkan virus HSV ini. Penderita herpes genital mungkin tidak memiliki gejala herpes kelamin selama bertahun-tahun, kadang-kadang sangat sulit untuk mengetahui siapa yang menularkannya. Meskipun jarang terjadi, herpes genital juga dapat menyebar dari ibu hamil ke bayinya pada proses bersalin.

Cara Mengobati Herpes Kelamin dan Herpes Zoster

Cara mengobati herpes zoster yaitu dengan obat antivirus dan obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri. Segera memberikan obat antivirus dapat membantu menyembuhkan ruam lebih cepat dan mengurangi rasa sakit. Jadi jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki herpes zoster, periksakan ke dokter penyakit kelamin segera.

Perawatan luka yang baik juga dapat membantu Anda merasa sembuh lebih cepat. Jagalah daerah infeksi tetap bersih. Minum obat seperti yang diarahkan dokter. Jika Anda terganggu oleh rasa sakit, beritahu dokter. Dia mungkin akan menuliskan resep obat penghilang rasa sakit.

Cara mengobati herpes kelamin dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat antivirus. Obat antivirus dapat mengurangi tingkat keparahan dan mengurangi lama gejala herpes yang muncul. Namun cara mengobati herpes kelamin dengan terapi obat ini tidak akan menyembuhkan, hanya meringankan penyakit herpes genital Anda.

Ada tiga obat utama yang biasa digunakan untuk mengobati gejala herpes genital yaitu asiklovir (Zovirax), famciclovir (Famvir), dan valacyclovir (Valtrex). Ketiga obat ini dikemas dalam bentuk pil. Cara mengobati herpes kelamin yang parah dapat diobati dengan intravena (IV) asiklovir. Cara mengobati herpes kelamin dengan obat yang diberikan langsung pada permukaan kulit hanya memberikan sedikit pengaruh sehingga dokter biasanya tidak merekomendasikannya.

Jika Anda memiliki gejala herpes kelamin, segera periksakan ke rumah sakit atau dokter spesialis penyakit kelamin. Tes laboratorium akan membantu menentukan apakah Anda memiliki herpes atau tidak. Cara mengobati herpes kelamin yang cepat akan mencegah timbulnya komplikasi yang lebih serius pada penyakit anda dan Anda dapat melindungi orang-orang di sekitar anda dari resiko tertular.