Informasi Penyakit Herpes Genetalis dan Herpes Zoster

Penyakit Herpes Genetalis dan Herpes ZosterILMUPENYAKIT.COM – Pada dasarnya, Anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang penyakit herpes melalui majalah, televisi, internt atau artikel-artikel medis lainnya. Namun, pada artikel berikut ini, Anda dapat pula mengetahui beberapa informasi untuk menambah wawasan Anda tentang penyakit herpes.

Penyakit herpes bukanlah penyakit yang awam untuk masyarakat kita. Herpes merupakan salah satu penyakit kulit atau lebih dikenal dengan nama penyakit cacar air, yang juga penyakit kelamin.

Herpes merupakan penyakit yang bersifat sementara, tetapi meskipun bersifat sementara penyakit herpes sangatlah mengganggu dan menyebabkan ketidaknyamanan dalam beraktivitas sehari-hari.

Penyakit herpes secara umum adalah sejenis penyakit radang pada permukaan kulit, dengan tanda-tanda terjadi gelembung-gelembung kemerahan dan berair yang timbul berkelompok pada permukaan kulit.

Mengetahui beberapa penyebab herpes akan membantu Anda dalam dua cara :

  • Membantu menemukan pengobatan yang tepat untuk penyakit herpes menular seksual diatasi.
  • Membantu menghindari hal-hal yang menyebabkan penyakit herpes.

Herpes adalah penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Penyakit herpes dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

1.   Herpes Simpleks/Genetalis.

2.   Herpes Zoster.

Penyakit herpes genetalis timbul akibat adanya infeksi atau peradangan pada kulit, terutama di bagian vagina, penis, pintu dubur/ anus, pantat, dan selangkangan. Penyebab penyakit herpes genetalis adalah virus herpes simplek.

Penyakit herpes zoster di tandai timbulnya gelembung cairan hampir merata pada seluruh bagian tubuh, penyebab penyakit herpes zoster adalah virus varicella-zoster.

Kedua jenis penyakit herpes ini memiliki ciri khas dan wilayah ‘penyerangan’ yang berbeda. Penyakit Herpes Simpleks adalah penyakit herpes yang umum dan menyerang kulit kelamin, pangkal paha, dan daerah sekitarnya. Sedangkan herpes zoster, biasanya menyerang wilayah kulit manapun, seperti sekitar mulut, perut, dan lainnya.

Herpes zoster yang umumnya disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Mirip dengan cacar air yang menimbulkan gelembung-gelembung pada kulit berwarna merah kecoklatan karena virus ini juga yang menyebabkan penyakit cacar air. Gelembung-gelembung ini yang nantinya akan menyebabkan infeksi pada kulit apabila pecah. Herpes zoster dapat menginfeksi ke seluruh bagian kulit tubuh.

Berbeda dengan herpes simpleks atau herpes genitalis yang disebabkan oleh virus yang berasal dari hubungan seksual yang tidak sehat, jenis penyakit herpes ini banyak terjadi di wilayah Amerika, khususnya Amerika Serikat, penyakit ini telah menginfeksi hampir sebanyak 20% orang dewasa di sana.

Virus herpes simpleks, merupakan virus yang sulit untuk dimatikan, sehingga sewaktu-waktu dapat kembali kambuh menginfeksi setelah beberapa waktu penderita dinyatakan sembuh. Khusus herpes simpleks lebih sering menyerang pada organ-organ seksual dan di sekitarnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang penyakit herpes ini, sebaiknya Anda datang ke rumah sakit dan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit kelamin.