Penyakit Jaringan Ikat Difus Artritis Reumatoid

https://www.ilmupenyakit.comPenyakit Jaringan Ikat Difus merupakan istilah yang mengacu kepada sekelompok kelainan yang bersifat kronik dan ditandai oleh reaksi inflamasi yang difus serta degenerasi pada jaringan ikat.

Kelainan ini memiliki gambaran klinis yang serupa dan dapat mengenai sejumlah organ yang sama. Perjalanan penyakit yang khas yang berupa proses eksaserbasi dan remisi.

Penyakit jaringan  ikat yang difus mempunyai etiologi yang tidak jelas tetapi diperkirakan terjadi akibat kelainan imunologik. Kelompok penyakit ini mencakup artritis reumatoid, sistemik lupus eritematosus, sklerederma, polimiositis dan polimialgia reumatika.

Pada artritis reumatoid, reaksi autoimun terutama terjadi dalam jaringan sinovial. Proses fagositosis menghasilkan enzim-enzim dalam sendi.

Enzim-enzim tersebut akan memecah kolagen sehingga terjadi edema, proliferasi membran sinovial dan akhirnya pembentukan pannus.

Pannus akan menghancurkan tulang rawan dan menimbulkan tulang erosi tulang. Akibatnya adalah menghilangnya permukaan sendi yang akan mengganggu gerak sendi.

Otot akan turut terkena karena serabut otot akan mengalami perubahan degeneratif dengan menghilangnya elastisitas otot dan kekuatan kontraksi otot.