Informasi Tentang Penyakit Kelamin Gonore

Hati-Hati Terkena Penyakit Gonore yang Doyan OralILMUPENYAKIT.COM – Memang benar, jika penyakit kelamin cukup berbahaya apa bila tidak segera di obati. Jenis penyakit kelamin cukup beragam dan salah satu yang tergolong dalam penyakit kelamin adalah gonore.

Gonore atau kencing nanah adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Neisseria gonorrhoeae atau gonokokus. Bakteri ini biasanya tumbuh dan berkembang dengan mudah pada saluran reproduksi yang hangat dan lembab, termasuk pada serviks (mulut rahim), uterus (rahim), dan tuba falopi (saluran telur) wanita, dan di uretra (saluran urin) wanita dan pria.

Bakteri ini bisa ditemukan pada cairan yang keluar dari penis, sedangkan pada wanita di cairan vagina dari wanita yang terinfeksi. Gonore mudah menular melalui hubungan seks baik vaginal, oral atau anal tanpa menggunakan kondom. Berbagi vibrator atau sex toys lainnya yang belum dicuci atau tidak menggunakan kondom baru setiap kali digunakan.

Bakteri dapat menginfeksi leher rahim, uretra, rektum, tenggorokan atau mata. Infeksi juga dapat ditularkan dari ibu hamil ke bayinya. Kencing nanah tidak menular dengan memeluk, mandi atau menggunakan handuk yang sama, kolam renang, kursi toilet, atau menggunakan alat makan yang sama seperti gelas dan piring. Hal ini karena bakteri Neisseria gonorrhoeae tidak dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama.

Tanda dan gejala gonore

Gejala gonore yang khas yaitu keluarnya cairan hijau atau kuning kental dari vagina atau penis, rasa nyeri saat buang air kecil, dan pendarahan walaupun bukan di masa haid pad wanita. Namun, sekitar 1 dari 10 pria yang terinfeksi dan hampir setengah dari perempuan yang terinfeksi tidak mengalami gejala apapun.

Pemeriksaan dan pengobatan gonore

Jika Anda memiliki salah satu dari gejala gonore atau Anda khawatir terinfeksi Penyakit Menular Seksual, segera lakukan pemeriksaan gonore pada klinik atau rumah sakit terdekat. Kencing nanah dapat dengan mudah didiagnosis dengan menguji sampel cairan luka atau dengan memeriksa sampel urine.

Sangat penting untuk mendapatkan pemeriksaan sesegera mungkin karena gonore dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang atau komplikasi gonore yang lebih serius jika tidak diobati seperti penyakit radang panggul (pelvic inflammatory disease) pada wanita dan kemandulan (infertilitas).

Kencing nanah biasanya diobati dengan suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik. Perawatan ini sangat efektif dan sebagian besar gejala Anda dapat membaik dalam beberapa hari. Selanjutnya dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan satu atau dua minggu setelah pengobatan gonore untuk melihat apakah Anda telah sembuh dari infeksi.