Pengobatan Dokter dan Obat Khusus Untuk Attention Deficit Hyperactivity Disorder

https://www.ilmupenyakit.comPengobatan Oleh Dokter

Bagi dokter tersedia beberapa obat ampuh terhadap ADHD. Yang menjadi obat standar adalah psikostimulan metilfenidat, yang sebetulnya berdaya memacu aktivitas dan menyegarkan, tetapi pada penderitaan ADHD secara paradoksal justru berkhasiat melawan gejala-gejala hiperaktivitas dan kekacauan.

Terdapat kelemahan konsentrasi, gejala pelupa dan agresi tidak begitu efektif. Pada anak di atas 6 tahun diperoleh hasil positif untuk sekitar 75% dan pada dewasa ±65%.

Bila efeknya kurang memuaskan dapat diganti dengan psikostimulan lain, yakni deksamfetamin. Kedua zat tersebut adalah obat–obat psikotropik (mempengaruhi jiwa) dan termasuk Daftar Narkotika, yang pada hakikatnya dapat menimbulkan ketagihan, tetapi ternyata pada pengobatan ADHD belum dilaporkan timbulnya kasus adiksi.

Obat Tersendiri

Minyak ikan (dengan EPA dan ADHD) digunakan pada kedokteran reguler untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi sehingga dapat menurunkan risiko PJP.

Khasiat lainnya adalah menghindarkan bergumpalnya pelat darah dan dalam dosis tinggi digunakan pada penyakit-penyakit peradangan, misalnya rema dan radang usus kronis (colitis, Crohn).

Ternyata juga memegang peranan penting pada perkembangan otak balita dan dianjurkan pada ADHD untuk meringanakan gejala-gejalanya. Sediaan dengan minyak ikan selalu mengandung vitamin E sebagai anti oksidan untuk melindungi terhadap oksidasi.

Efek samping pada dosis tinggi adalah perdarahan akibat daya mengencerkan darah.

Dosisi: 1000-1500 mg EPA-DHA sehari.