Tindakan-Tindakan Umum Pencegahan Wasir

https://www.ilmupenyakit.com Tindakan-Tindakan Umum

Ada beberapa cara yang berkaitan dengan higiene pribadi meringankan penderita wasir, yaitu:

1. Kebersihan

Penting untuk mencuci dengan saksama dubur dan sekitarnya setelah buang air dan mengeringkannya dengan baik. Lalu sepotong kasa dengan talk atau dermatol dapat di letakkan di daerah dubur untuk meringankan rasa gatal;

2. Perdarahan pada wasir

Biasanya berhenti sendiri, dapat dibantu dengan menghentikannya dengan kompres air dingin.

3. Bantal angin.

Penderita wasir yang haru duduk untuk waktu lama sebaiknya menggunakan bantal angin atau sepotong plastik busa dengan lubang ditengahnya. Dengan demikian tekanan berlebihan di sekitar dubur dapat di kurangi.

Pencegahan

Dasar dari pencegahan (dan pengobatan) wasir adalah buang air besar yang lancar dan teratur (misalnya setiap pagi) dengan tinja yang lunak.

Untuk ini perlu sekali di perhatikan tiga aturan penting, yaitu diet yang kaya serat, gerak badan secukupnya dan jangan mengedan bila buang air besar.

a. Diet sehari-hari

Harus mengandung banyak serat-gizi (sayur-mayur, buah-buahan, beras tumbuk) dan minum air secukupnya (2-2,5 liter sehari).

Bila perlu dapat digunakan suatu laksan, sebaiknya zat pelunak laktulosa. Disamping itu sebaiknya pantang makanan yan merangsang atau pedas, misalnya merica, cabai (sambal) dan juga alkohol.

Petunjuk diet ini adalah untuk menghidarkan tinja menjadi keras yang dapat menimbulkan retak-retak pada mukosa yang sangat nyeri ketika buang air.

Oleh karena penderita menekan refleks hajat dan menunda pergi ke toilet, akibatnya tinja akan lebih mengeras karena cairan diserap kembali oleh selaput lendir usus.

b. Jangan mengedan.

Tindakan juga sangat penting adalah jangan sekali-kali mengedan pada waktu buang air!  

Lagi pula wasir yang menonjol keluar sesudahnya setiap kali buang air besar harus segera di masukkan kembali ke dalam liang dubur dengan jari tangan, sebaiknya dengan sedikit bantuan vaselin. Bila tidak, sebagian dari dinding poros usus dapat tertarik keluar, yang disebut pemburutan selaput lendir poros usus.

c. Lebih banyak gerak badan berupa berolahraga, bersepeda atau berjalan cepat untuk memacu peristaltik usus dan membantu buang air besar.

 Bila ketiga tindakan tersebut diatas dipatuhi dengan saksama, biasanya wasir dapat sembuh dengan sendirinya dengan beberapa minggu.