Mengenal Gejala Wasir

https://www.ilmupenyakit.comWasir dalam ada kalanya menimbulkan perdarahan ringan dan pada menimbulkan perdarahan ringa dan dapat meyembul keluar dubur pada saat atau setelah buang air. Hampir selalu dirasakan nyeri dan gatal-gatal.

Wasir luar pada umumnya berwarna biri muda, dapat didorong kembali ke dalam dubur dangan mudah dan tidak nyeri. Tetapi wasir yang terjepit atau berisi bekuan darah sangat nyeri bila di sentuh.

Kadang-kadang malahan terjadi kejang dan rasa pedih di sekitar dubur, atau nyeri yang memancar ke tulang selangkang di bawah punggung.

Tidak jarang rasa nyeri ini di sertai gatal-gatal dan eksim, yang diakibatkan oleh lendir kekuning-kuningan yang disekresi oleh wasir-dalam.

Wasir pecah yang berdarah dapat mewarnai tinja merah muda. Ini dapat terjadi bila tinja yang keras menggesek lewat wasir atau jika tekanan darah di pembuluh terlalu tinggi. Wasir yang terluka demikian bisa meradang serta membengkak dan meningkatkan rasa nyeri  dan gatal-gatal.

Perhatian!

Gejala-gejala tersebut tidak khusus disebabkan oleh wasir, tetapi juga dapat diakibatkan oleh penyakit lain yang menimbulkan efek yang sama. Misalnya, gatal-gatal di sekitar dubur mungkin juga disebabkan oleh cacing keremi atau eksim.

Darah dalam tinja bisa disebabkan oleh tumor di usus besar atau dicelah-celah halus di dubur (fisura). Oleh karena itu pada setiap perdarahan adalah sangat penting untuk berkonsultasi ke dokter, terutama bila darah berwarna merah tua disertai selera makan berkurang dan berat badan menurun drastis.