Bentuk dan Fungsi Wasir

https://www.ilmupenyakit.comSuatu gangguan pada manusia yang sudah dikenal sejak ribuan tahun dan paling banyak terjadi, tetapi yang juga paling sering disembunyikan adalah wasir.

Menurut perkiraan satu di antara lima atau enam orang sewaktu-waktu menderita wasir, kaum pria lebih banyak dari pada wanita. Namun gangguan ini jarang sekali dibicarakan orang karena dianggap sesuatu yang tidak pantas.

Pada umumnya wasir terjadi menjelang usia lanjut, paling banyak pada kelompok usia antara 30-50 tahun, jarang pada anak-anak.

Pada dasarnya setiap orang yang dilahirkan sudah membawa sifat bakal wasir, yang terletak di sekeliling bagian ujung dari poros usus, ±2cm di atas dubur.

Jaringan ini terdiri dari anyaman halus dari kapiler-kapiler dengan dinding tipis, yang terisi darah dan dapat mengembang. “Badan-badan pengembang ini berfungsi membantu otot penutup dubur (otot lingkar) untuk menutup dubur secara baik.

Otot penutup menahan keluarnya tinja dan badan pengembang mencegah keluarnya lendir dan angin (kentut) yang terbentuk dalam usus pada proses pencernaan.

Wasir terdapat dalam dua bentuk, yaitu sebagai :

  • Wasir-dalam, yang timbul di dalam poros usus dan tidak tampak dari luar; sering kali juga tanpa suatu keluhan;
  • Wasir-luar, yang terjdai bila wasir-dalam melorot keluar otot penutup; tampak sebagai benjolan kebiru-biruan di sekitar dubur.