Mengenal Penyakit Rematik

https://www.ilmupenyakit.comPenyakit reumatik yang sering disebut arthritis (radang sendi) dan dianggap sebagai satu keadaan  sebenarnya terdiri atas lebih dari 100 tipe kelainan yang berbeda.

Penyakit ini terutama mengenai otot-otot skelet, tulang, ligamentum, tendon dan persendian pada laki-laki maupun wanita dengan segala usia.

Sebagian gangguan lebih besar kemungkinannya untuk terjadi pada suatu waktu tertentu dalam kehidupan pasien atau lebih menyerang jenis kelamin yang satu dibandingkan lainnya.

Dampak keadaan ini dapat mengancam jiwa penderitanya atau hanya menimbulkan gangguan kenyamanan, dan masalah yang disebabkan oleh penyakit reumatik tidak hanya berupa keterbatasan yang tampak jelas pada mobilitas dan aktivitas hidup sehari-hari tetapi juga efek sistemik yang tidak jelas tetapi dapat menimbulkan kegagalan organ dan kematian atau mengakibatkan masalah seperti rasa nyeri, keadaan mudah lelah, perubahan citra diri serta gangguan tidur.

Lebih lanjut awitan keadaan ini bisa bersifat akut atau insidious, dan perjalanan penyakitnya dapat ditandai oleh periode remisi (suatu periode ketika gejala penyakit atau bertambah berat).

Terapi sangat sederhana dan bertujuan untuk melokalisasi rasa nyeri, atau dapat kompleks dan dimaksudkan untuk mengurangi efek sistemiknya. Perubahan yang permanen dapat terjadi akibat penyakit ini.

Penyakit reumatik dklasifikasikan menjadi sepuluh kategori yang memperlihatkan berbagai bentuk kelainan multisystem yang menyusun penyakit reumatik.

Keikutsertaan keadaan yang secara sekunder dapat mengenai struktur musculoskeletal menegaskan keanekaragaman penyakit reumatik.