Dermatitis Medikamentosa

https://www.ilmupenyakit.comReaksi terhadap Obat atau Medikasi

Dermatitis medikamentosa, yaitu kelainan hipersensitivitas tipe I, merupakan istilah yang digunakan untuk medikasi tertentu. Medikasi tertentu cenderung menimbulkan erupsi dengan tipe yang sama kendati masing-masing orang akan memperlihatkan reaksi yang berbeda terhadap setiap medikasi.

Pada umumnya reaksi obat timbul mendadak, memiliki warna yang cerah, memperlihatkan karakteristik yang lebih dramatis dibandingkan erupsi akibat infeksi yang agak serupa, dan menghilang dengan cepat setelah pengobatan dihentikan kecuali ruam akibat bromida dan yodida.

Ruam dapat disertai dengan gejala sistemik atau gejala menyeluruh. Jika ditemukan alergi akibat pengobatan, pasien harus diingatkan bahwa mereka memiliki hipersensitivitas terhadap obat tertentu dan dinasihati agar tidak menggunakannya kembali.

Erupsi kulit yang berhubungan dengan terapi medikasi menunjukkan hipersensitifitas yang lebih serius. Perawat harus menilai kondisi pasien dan melaporkan setiap timbulnya erupsi sehingga terapi dapat dimulai secara dini.