Nyeri Mulut Akibat Sariawan

https://www.ilmupenyakit.comSariawan dan Penyebabnya

Sariawan (aftosis) adalah tukak kecil pada selaput lendir mulut. Pada umumnya besarnya 2-4 mm, berbentuk bundar atau lonjong, berwarna kuning-merah dan sangat pedih.

Terutama pada waktu makan, mengunyah dan minum terasa sangat nyeri dan merupakan gangguan yang menjemukan. Biasanya 2 atau lebih tukak muncul  sekaligus pada sisi dalam dari pipi dan bibir atau lebih di bawah lidah.

Pada umumnya luka sembuh dengan sendirinya tanpa adanya bekas luka (parut), tetapi adakalanya setelah 1-4 bulan kambuh lagi. Menurut perkiraan 10-20% dari semua orang sewaktu-waktu menderita sariawan mulut.

Penyebab sariawan masih belum diketahui dengan pasti. Diperkirakan bahwa sariawan adalah suatu gangguan imun, dengan kuman Streptococcus sanguis memegang peranan penting.

Zat-zat anti yang dibentuk terhadapnya bila sistem imun terganggu, menyerang mukosa mulut penderita dan mengakibatkan timbul tukak.

Beberapa faktor dapat memicu timbulnya sariawan, misalnya keturunan, emosi (stres, tekanan jiwa dan kecemasan) dan yang mengherankan bila berhenti merokok dengan mendadak.

Begitu pula ternyata, banyak pasien sariawan menderita alergi dalam bentuk asma atau kepekaan terhadap makanan tertentu dan tepung sari (demam musiman, polinosis).