Gejala dan Pencegahan Radang Telinga Tengah

https://www.ilmupenyakit.comAdakalanya terjadi radang Telinga Tengah (TT) menahun yang tidak disertai rasa nyeri, tetapi dapat berakibat buruk. Kasus ini terjadi, bila oleh suatu sebab Tabung Eustachius (TE) membengkak, hingga cairan di rongga Tabung Eustachius (TE) tidak dapat keluar seperti seharusnya.

Suara yang diterima oleh tulang-tulang pendengar diredam oleh cairan tersebut sehingga kualitas pendengaran menjadi sangat berkurang.

Anak kecil dengan radang telinga sangat terganggu pendengarannya, menjadi agak tuli sehingga dapat memperlambat perkembangan fungsi bicaranya.

Gejala

Gejala-gejala utamanya adalah perasaan sangat nyeri di telinga dalam dan adakalanya keluar cairan. Biasanya anak dengan radang Telinga tengah (TT) pilek dan hidungya tersumbat, sering kali dengan demam tinggi dan yang mengherankan, juga mengeluh perutnya sakit.

Bayi yang belum bisa bicara, banyak menangis, tidak bisa tidur nyeyak dan meraba-raba telinganya karena nyeri. Nafsu makan berkurang, adakalanya timbul diare. Pada orang dewasa radang TT dapat berlangsung tanpa rasa nyeri dan gejala pertama sering kali berkurang pendengarannya.

Pencegahan.

Jelas bahwa sangat penting untuk menghindari menjalarnya infeksi pada waktu anak menderita pilek, flu atau cacar air. Begitu pula perlu sekali diperhatikan pembersihan hidung yang tepat dan gunakannya tetes hidung untuk menghilangkan pembekakan mukosa yang menyumbat hidung.