Obat Pencahar dan Probiotika untuk Kesehatan Tubuh

https://www.ilmupenyakit.comKeterbatasan Obat-Obat Pencahar

Dahulu obat pencahar banyak sekali digunakan sebagai “obat rumah tangga” terhadap segala jenis penyakit karena dianggap aman. Kebiasaaan ini berdasarkan filsafat, bahwa untuk memelihara kesehatan, usus harus dibersihkan minimal satu kali setahun.

Dalam hubungan ini termasuk minyak kastor, yang diminum dengan enggan oleh banyak generasi anak. Tujuannya adalah “mencuci perut” dengan mengeluarkan zat-zat yang dapat merugikan tubuh.

Sekarang pencucian usus demikian yang pada akhirnya dapat merusak usus halus dianggap kuno dan tidak dilakukan lagi. Minyak kastor masih digunakan hanya untuk mengosongkan usus sebelum pemeriksaan rontgen atau pembedaan.

Probiotika

Probiotika adalah food supplement dengan kandungan kuman-kuman hidup “baik” dengan khasiat memperbaiki kesehatan tubuh. Umumnya kuman ini adalah basil asam laktat dari usus yang berfungsi memelihara keseimbangan antara hama baik dan buruk di dalam usus besar.

Basil ini tahan terhadap asam lambung dan asam ampedu sehingga dapat mencapai usus besar. Sebagai dasar digunakan yoghurt yang mengandung kuman asam laktat, Lactobacillus acidopphyllus (yakult) atau Bifidobact breve (Bifene-yakult).

Flora usus besar terdiri dari bermiliar kuman, bakteri “baik” maupun “jahat” dalam keadaan seimbang. Dalam flora sehat kuman-kuman “baik” berkuasa dan membentuk asam laktat yang menunjang peristaltik dan menstimulir daya tahan tubuh, sedangkan kuman-kuman “jahat” ditekan.

Dokter jepang dr M. Shirota adalah ilmuwan pertama yang pada tahun 1935 mengintrodusir produk probiotiknya Yakult dengan lactobacillus casei Shirota dalam yogurt (4-6 milar kuman hidup per 100 ml).

Sekarang Yakult sudah dipasarkan di seluruh dunia dan probiotika sudah diakui berkhasiat baik oleh kedokteran reguler.