Pencegahan Penyakit dengan Serat Gizi Makanan

https://www.ilmupenyakit.comPencegahan sejumlah penyakit

Penelitian epidemiologi sejak tahun tujuh puluhan menyatakan bahwa diet yang kaya akan serat juga memegang peranan penting dalam mencegah timbulnya sejumlah penyakit. Misalnya radang usus buntu, penonjolan keluar dari usus besar (diverticulosis) dan tonjolan ke dalam dari dinding-usus (polip).

Begitu pula kanker usus besar, yang diperkirakan timbulnya dipicu oleh zat-zat yang dapat menimbulkan tumor. Zat-zat karsinogen ini untuk sebagian berasal dari makanan dan juga terbentuk setempat oleh bakteri usus dari protein, kolesterol dan nitrit.

Bila makanan tidak mengandung cukup serat, isi usus bervolume kecil dan penerusannya berlangsung agak lambat. Zat-zat beracun tersebut diatas bersentuhan dengan dinding usus untuk jangka waktu yang lama dengan demikian menstimulir terbentuknya tumor setempat serta menyerap ke dalam aliran darah.

Menurunkan kadar kolesterol.

Penelitian tersebut juga memberikan petunujuk kuat, bahwa timbulnya sejumalah penyakit lain ada hubungannya dengan makanan yang miskin akan serat.

Misalnya usus besar spastik (I.B.S, Irritable Bowel Sydnrome), penyakit gula (diabetes), kegemukan (obesitas) dan kolesterol darah terlampau tinggi.

Daya kerja untuk menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi didasarkan atas pengikatan dan pengeluaran asam empedu oleh serat-serat dalam usus.