Penyebab Kemandulan Pada Laki-Laki dan Perempuan

Penyebab Kemandulan Pada Laki-Laki dan PerempuanSetiap pasangan sudah tentu menginkan keturunan, akan tetapi tidak sedikit pula pasangan yang mempunyai keturunan. Banyak pasangan yang tidak pernah mendapatkan keturunan meski mereka sudah bertahun-tahun membina rumah tangga.

Banyak pasangan yang belum pernah mendapatkan keturunan atau tidak bisa mendapatkan keturunan, hal ini di karenakan berbagai penyebab. Salah satu penyebab pasangan sulit mendapatkan pasangan karena infertilitas.

Infertilitas atau kemandulan yaitu suatu penyakit yang menyebabkan setiap pasangan tidak bisa mendapatkan keturunan. Biasanya pasangan yang mengalami kemandulan atau infertilitas ini pasangan yang sudah menikah bertahun tahun dan mereka berhubungan dengan teratur tanpa kontrasepsi.

Jika wanita mampu untuk hamil, berarti wanita maupun pria dalam keadaan fertil atau subur. Namun, ketika wanita tidak kunjung hamil dan mempunyai keturunan, bisa saja salah satu atau dua-duanya mengidap infertilitas atau kemandulan.

Kehamilan merupakan hasil dari suatu proses komplek yang terdiri dari :

1.   Seorang perempuan harus menghasilkan sel telur yang berasal dari indung telur atau ovarium.

2.   Sel telur harus bergerak menuju rahim melalui saluran tuba.

3.   Dalam perjalanan ini, sel sperma dari laki laki harus membuahi sel telur.

4.   Telur yang sudah dibuahi kemudian harus menempel pada dinding rahim bagian dalam.

Kemandulan terjadi bila keempat proses diatas mengalami gangguan.

Apakah kemandulan hanya milik perempuan?

Tidak, kemandulan bukan hanya monopoli kaum perempuan. Faktor perempuan hanya sepertiga dari total kasus kemandulan, sepertiganya lagi merupakan faktor laki laki dan sepertiga sisanya merupakan gabungan antara faktor laki laki dan perempuan.

Penyebab kemandulan pada laki-laki

Kemandulan pada laki laki umumnya disebabkan oleh :

1.   Gangguan pada pabrik sperma sehingga sel sperma yang dihasilkan sedikit atau tidak sama sekali.

2.   Gangguan pada kemampuan sel sperma untuk mencapai sel telur dan membuahinya. Masalah ini biasanya disebabkan oleh karena bentuk sperma yang tidak normal sehingga pergerakannya pun tidak normal.

Kadangkala masalah sperma ini sudah dibawa sejak lahir, namun masalah ini bisa juga didapat setelah usia dewasa.

Penyebab resiko kemandulan pada laki laki meningkat

Biang kerok dari semua ini adalah perubahan gaya hidup. Beberapa gaya hidup yang tidak bersahabat dengan sperma antara lain :

  • Suka minum alkohol.
  • Suka menggunakan narkoba.
  • Polusi udara.
  • Merokok.
  • Masalah kesehatan lainnya.
  • Obat obatan yang tidak jelas.
  • Penggunaan radiasi dan kemoterapi untuk pengobatan kanker.
  • Umur.

Penyebab kemandulan pada perempuan

Gangguan yang paling sering dialami perempuan mandul adalah gangguan ovulasi. Bila ovulasi tidak terjadi maka tidak akan ada sel telur yang bisa dibuahi. Salah satu tanda wanita yang mengalami gangguan ovulasi adalah haid yang tidak teratur dan haid yang tidak ada sama sekali.

Gangguan lain yang bisa menyebabkan kemandulan pada perempuan adalah :

  • Tertutupnya lubang saluran tuba  yang disebabkan oleh karena infeksi, endometriosis dan operasi pengangkatan kehamilan ektopik.
  • Gangguan fisik rahim.
  • Mioma uteri.

Penyebab resiko kemandulan pada perempuan meningkat

  • Umur.
  • Stress.
  • Kurang gizi.
  • Terlalu gemuk dan terlalu kurus.
  • Merokok.
  • Alkohol.
  • Penyakit menular seksual.
  • Gangguan kesehatan yang menyebabkan terganggunya keseimbangan hormon.

Pengaruh umur pada kemampuan perempuan untuk mempunyai anak

Saat ini banyak perempuan yang menunda kehamilan sampai dengan umur 30 tahun. Padahal kenyataannya hanya 20 persen dari kelompok usia ini yang mempunyai kemampuan untuk hamil. Jadi umur memegang peranan penting dalam masalah kesuburan.

Umur menurunkan kemampuan seorang perempuan untuk hamil karena :

  • Kemampuan indung telur melepaskan sel telur akan menurun seiring dengan peningkatan usia.
  • Kesehatan sel telur yang dihasilkan juga ikut ikutan menurun.
  • Pada perempuan berumur sering dijumpai penyakit lain yang mempengaruhi kesuburan.
  • Perempuan yang sudah berumur rentan mengalami keguguran.

Apa yang bisa dilakukan seorang perempuan agar hamil sebelum ke dokter?

Bagi perempuan sehat yang berusia dibawah 30 tahun, mereka tidak perlu khawatir akan mandul kecuali mereka telah berusaha selama setahun untuk sekedar hamil. Bila hal ini terjadi baru mereka harus ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kesuburan. Sang suami harus menyertai ke dokter untuk mendiskusikan kemungkinan kegagalan hamil disebabkan oleh pihak suami.

Bagi perempuan yang berumur diatas 30 tahun, mereka harus segera ke dokter untuk memeriksa kesuburan meskipun usaha yang dilakukan hanya 6 bulan. Kemampuan seorang perempuan yang berusia diatas 30 tahun untuk hamil akan menurun dengan cepat.

Beberapa masalah kesehatan yang meningkatkan resiko terjadinya kemandulan antara lain :

  • Haid yang tidak teratur atau tidak muncul sama sekali.
  • Nyeri haid yang diluar kebiasaan.
  • Endometriosis.
  • Penyakit radang panggul.
  • Keguguran lebih dari sekali.

Tidak peduli berapapun usia anda, bila salah satu dari kelima hal diatas terjadi maka sebaiknya anda segera ke dokter sebelum anda memutuskan untuk hamil. Dokter akan membantu anda menyiapkan fisik yang optimal bagi kehamilan anda.

Cara dokter mencari tahu tentang kemandulan

Terkadang seorang dokter baru mengetahui bahwa sepasang suami istri mengalami kemandulan setelah melakukan tes kesuburan yang lengkap. Tes ini seperti biasa dimulai dengan pemeriksan fisik yang kemudian dilanjutkan dengan menanyakan riwayat kesehatan terdahulu. Jika ternyata terdapat ditemukan masalah yang bisa diselesaikan dengan tes kesuburan maka tes akan dilakukan namun bila tidak maka akan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terkait.

Menemukan penyebab kemandulan sering merupakan proses yang panjang, komplek dan sangat emosional. Bahkan ada beberapa kasus yang memerlukan waktu berbulan bulan untuk sekedar menyelesaikan semua pemeriksaan dan tes kesuburan. Jadi jangan heran jika biaya yang diperlukan sangatlah mahal. Kesemuanya tentu dapat membuat beberapa pasangan mandul putus asa dalam melanjutkan tes sampai dengan selesai.

Pada laki laki, dokter biasanya memulai dengan melakukan tes sperma. Pada tes ini akan dilihat jumlah, bentuk dan pergerakan sperma. Bila diperlukan, dokter juga akan melakukan tes kadar hormon laki laki.

Pada perempuan, langkah pertama adalah dengan melakukan tes untuk mengetahui apakah telah terjadi ovulasi tiap bulan. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, diantaranya, pasien disuruh mencatat terjadinya ovulasi di rumah dengan cara mengukur suhu tubuh di pagi hari dalam beberapa bulan. Pasien juga dapat mencatat kondisi dan gambaran lendir servik dalam beberapa bulan serta mencatat gambaran siklus menstruasi yang terjadi. Semua catatan tersebut akan dianalisa oleh dokter sehingga diketahui adanya masalah pada ovulasi.

Dokter juga dapat melakukan tes darah dan USG ovarium untuk mengetahui terjadinya ovulasi pada seorang perempuan. Jika ternyata ovulasi berlangsung dengan normal maka diperlukan tes lanjutan.

Tes kesuburan lanjutan pada perempuan antara lain :

1.   Histerosalpingografi (HSG)

Pada tes ini dokter akan menggunakan rontgen untuk melihat bentuk fisik dari saluran tuba dan rahim. Tes dimulai dengan memasukan cairan khusus ke rahim melalui vagina. Cairan ini harus tampak pada foto rontgen. Dokter akan melihat apakah cairan ini bergerak normal dari dalam rahim menuju saluran tuba. Jika terdapat sumbatan maka pergerakan cairan akan terhenti pada sumbatan tersebut. Sumbatan inilah yang akan menghalangi pergerakan sel telur di dalam saluran tuba menuju rahim. Sumbatan juga menghalangi sperma yang akan membuahi sel telur.

2.   Laparoskopi

Pada pemeriksaan ini, dokter akan menggunakan alat yang disebut laparoskop guna melihat keadaan bagian dalam rongga perut. Dokter akan membuat irisan kecil pada kulit perut bagian bawah lalu memasukan alat laparoskop. Dengan menggunakan laparoskop, dokter dapat melihat kondisi ovarium, saluran tuba dan rahim apakah terjadi masalah fisik yang disebabkan oleh suatu penyakit. Dokter juga dapat menemukan terjadinya endometriosis dengan alat ini.

Cara mengobati kemandulan

Kemandulan dapat diobati dengan obat, pembedahan dan inseminasi serta bayi tabung. Pada beberapa keadaan semua cara tersebut akan digabung. Sepertiga dari pasangan mandul akan dapat memiliki anak setelah diobati dengan baik dan tepat. Sebagian besar kasus kemandulan ditangani dengan obat obatan dan pembedahan.

Seorang dokter akan melakukan tindakan berdasarkan pada :

  • Hasil tes kesuburan.
  • Umur dari pasangan mandul.
  • Kondisi kesehatan pasangan secara umum.
  • Keinginan pasien.

Pada laki laki yang mandul, dokter akan melakukan langkah berikut :

1.   Masalah seksual

Jika seorang laki laki mengalami disfungsi ereksi atau ejakulasi dini, dokter sedapat mungkin akan mengatasi masalah ini dulu sebelum melakukan tindakan selanjutnya.

2.   Sel sperma yang terlalu sedikit

Jika seorang laki laki memproduksi sperma yang terlalu sedikit maka pembedahanlah yang dapat menyelesaikan masalahnya. Antiobiotika kadang diperlukan untuk mengatasi infeksi yang mengakibatkan masalah produksi sperma.

Di pasaran, banyak sekali macam obat yang dapat digunakan mengatasi masalah ovulasi pada perempuan. Sangatlah penting bagi anda untuk selalu berkonsultasi dengan dokter dalam memilih obat tersebut. Anda harus paham resiko, keuntungan dan efek samping dari obat tersebut.

Dokter juga dapat melakukan pembedahan untuk mengatasi penyebab kemandulan pada perempuan. Masalah pada ovarium, saluran tuba dan rahim terkadang dapat diatasi dengan cara ini.

Inseminasi intra uterine saat ini sudah banyak dipakai oleh para dokter dalam menangani pasien dengan kemandulan. Caranya adalah dengan menyuntikan sel sperma pilihan ke dalam rahim. Sebelum dilakukan tindakan sang perempuan terlebih dahulu diberikan obat perangsang ovulasi.

Inseminasi dilakukan jika :

  • Masalah kemandulan pada laki laki ringan.
  • Perempuan yang bermasalah dengan lendir serviks yang menyebabkan mandul.
  • Kemandulan yang tidak ditemukan penyebabnya.