Demam Dengue adalah Penyakit yang Disebarkan Vektor

Imigrasi dan Vektor

Malaria, demam kuning, dan dengue adalah penyakit yang menyebabkan morbiditas dan mortalitas yang berarti di seluruh Negara berkembang.

Penyakit ini disebarkan oleh nyamuk terinfeksi. Banyak penyakit parasitic lain yang disebar- vector dinegara berkembang mengandalkan nyamuk dan organism lain untuk menyelesaikan siklus hidup dan menyebarkan penyakit.

Demam Dengue

Demam dengue adalah contoh dari penyakit ini disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui populasi manusia yaitu oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk hidup di daerah tropis dan berkembang biak pada sumber air yang mandek.

Infeksi karena dengue menunjukkan gejala seperti flu yaitu demam, menggigil, nyeri mata, nyeri punggung. Nyeri otot dan sendi, diikuti mual dan muntah mungkin muncul pada pasien dan menunjukkan hiperpigmentasi ruam yang yang memutih pada saat disentuh.

Gejala sering bertambah besar dan menurun serta umumnya terbatas. Proporsi kecil dari pasien mungkin berkembang menjadi penyakit perdarahan, yang dapat mengancam kehidupan dalam bentuk yang ekstrem.

Pengelana, imigran, dan personel militer yang baru kembali dapat menjadi reservoar dari infeksi ini. Saat ini peningkatan insiden virus dengue terjadi di Karibia, yang telah menyebabkan kekuatiran terhadap gelombang infeksi di Amerika Serikat di area di mana ada vector nyamuk. Tidak ada penanganan spesifik untuk infeksi ini. Usaha pengontrolan local mungkin efektif untuk mengontrol nyamuk.