Informasi Singkat Tentang Fungsi Sel Epitel Kolumnar Sederhana

Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam tubuh manusia mempunyai empat jenis jaringan sel dasar dan salah satu dari jaringan itu yang akan saya bahas itu adalah jaringan sel epitel kolumnar sederhana.

Selain jaringan epitel yang ada di dalam tubuh manusia, juga terdapat jaringan otot, jaringan saraf dan juga jaringan penyambung.

Secara karakteristik, nukleui mereka ditemukan di dasar sel. Sel-sel yang dihubungkan dengan persimpangan ketat. Sel-sel menerima nutrisi melalui membran basal, yang memisahkan sel-sel dari lapisan basal kapiler.

Ciri utamanya adalah bahwa itu adalah uni-layer, yang berarti hanya memiliki satu lapisan sel, dengan sel-sel yang di kemas erat dalam panjang, tipis, kolom dengan pola berulang. Epitel kolumnar Sederhana adalah jenis jaringan primer yang melapisi permukaan, atau mukosa, dari organ saluran pencernaan seperti lambung dan usus.

Terbagi menjadi dua kategori utama, yang baik epitel kolumnar sederhana bersilia atau nonsilia. Epitel bersilia mengandung massa kecil sangat terkonsentrasi, seperti benang filamen pada permukaannya yang bergetar dalam pola gelombang. Gerakan getaran meluas di sepanjang saluran pencernaan dan membantu memindahkan zat tertelan bersama ke organ pencernaan yang berbeda, seperti perut dan usus.

Baris permukaan jaringan epitel bagian luar tubuh manusia secara keseluruhan, dan ini dibedakan menurut jenis permukaan garis itu atau penutup. Hal ini dapat memiliki beberapa lapisan dengan tiga jenis utama: skuamosa, atau rata, kuboid, berbentuk seperti kubus, atau kolumnar, berbentuk seperti sebuah kolom.

Epitel kolumnar Sederhana adalah satu lapisan jaringan epitel kolumnar bersandar pada membran atau membran basal yang mengandung serat untuk penahan jaringan ini kepada struktur dan organ lainnya. Selain itu, jaringan ini disebut endotelium ketika garis permukaan dalam organ tubuh, dan ini disebut exothelium ketika garis luar permukaannya.

Perbedaan ini dalam terminologi penting ketika mengidentifikasi gangguan atau kanker yang mempengaruhi jaringan epitel kolumnar. Karena jaringan epitel ini meluas di seluruh seluruh rangkaian sistem pencernaan maka sangat banyak terkena racun yang tertelan dan bakteri, mulai dari mulut dan daerah tenggorokan ke lubang anus, di mana bahan limbah dihilangkan.

Jaringan ini juga sangat tergantung pada karsinoma, atau kanker, yang mungkin sebagian karena kemampuannya untuk menjalani tingkat pertumbuhan kembali yang cepat, sel-sel dapat menghasilkan kanker yang berkembang pesat, serta regenerasi sel alami.

Pembentukan struktur sederhana epitel kolumnar sepanjang membran basal dapat membantu mencegah penyebaran kanker lambung yang berkembang secara lokal dalam perut atau usus, disebut karsinoma in situ. Membran ini berfungsi sebagai dinding untuk menghentikan sel kanker dari turun ke dalam jaringan dalam dan membantu membatasi kanker pada tahap awal ke daerah lebih terbatas. Kanker daerah tersebut memiliki risiko tinggi tumbuh dan menyebar, namun perawan medis sejak awal merupakan prioritas utama dalam hal ini.

Fungsi Sel Epitel Kolumnar Sederhana

Fungsi utama dari sel epitel kolumnar sederhana adalah perlindungan. Misalnya, epitel pada lambung dan saluran pencernaan memberikan penghalang kedap terhadap bakteri yang bisa dicerna tetapi permeabel terhadap setiap ion yang diperlukan. Fungsi ini sangat penting dalam usus besar.

Sel epitel kolumnar sederhana dapat mengkhususkan diri untuk pengeluaran lendir yang melapisi dan melindungi permukaan sekitarnya dari kerusakan karena epitel dapat di inervasi, sel epitel kolumnar sederhana juga khusus untuk memberikan masukan sensorik. Sel-sel ini ditemukan dalam kornea, telinga bagian dalam, dan hidung. Akhirnya sel epitel kolumnar sederhana sangat baik saat penyerapan dan mengangkut nutrisi dari lokasi seperti usus kecil.