Mengenal Prostate Specific Antigen

PSA (prostate-specific antigen) adalah suatu enzim yang dibentuk oleh sel-sel prostat dan disalurkan kedalam sekresinya, yang merupakan cairan transport bagi mani.

PSA berfungsi memecah molekul protein besar menjadi bagian-bagian lebih kecil, yang membuat sperma menjadi lebih cair. Kadar PSA dalam darah dapat ditentukan dan nilai normalnya adalah <4 mcg/l.

Nilai yang meningkat adalah indikasi adanya suatu gangguan, terutama prostatitis, BPH dan kanker, tetapi dengan bertambahnya usia PSA dapat meningkat sampai ± 10 mcg/l tanpa adanya suatu kelainan di prostat.

Dalam kasus demikian pemeriksaan lanjut perlu dilakukan dan terdiri dari pemeriksaan rectal dengan jari (colok dubur) untuk mendeteksi adanya kelainan permukaan, bentuk dan besar prostat.

Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan jaringan untuk pemeriksaan mikroskopik (biopsi) untuk memastikan ada / tidaknya jaringan kanker.

PSA yang meningkat tidak bersifat spesifik bagi kanker, jadi tidak selalu berarti adanya penyakit tersebut. Namun sebagai biomarker sangat berguna, di A.S pria diatas 50 tahun dianjurkan untuk memeriksa PSA setiap 2 tahun. Penderita BPH hendaknya memeriksakan diri tiap tahun guna memonitor kelanjutan proses penyakitnya.