Komplikasi Sitomegalovirus Pada Ibu Hamil

Komplikasi

Pada populasi dengan kekebalan yang bagus, adanya CMV umumnya tidak menimbulkan risiko kesehatan. Namun, perlu adanya perhatian pada adanya CMV pada wanita hamil dan janin atau bayi.

Kenyataannya, CMV congenital adalah infeksi virus yang paling serius pada bayi baru lahir di Amerika Serikat. Sekitar 1% dari semua bayi baru lahir terinfeksi, dan sekitar 20% dari infeksi menunjukkan gejala pada awalnya atau dalam bulan pertama kelahiran.

Saat muncul, variasi gejala bermacam-macam. Manifestasi klinis yang umum dari infeksi adalah hematogen dengan petekie, hepatomegali, dan terjadi splenomegali.

Beberapa koplikasi neurologic permanen dapat berhubungan dengan komplikasi hematogen.meskipun aborsi spontan dan abnormalitas congenital berhubungan dengan sitomegalovirus relative jarang, infeksi primer selama kehamilan terdapat pada masyarakat luas dan obstertik.

Kesempatan untuk infeksi baru selama kehamilan mungkin mempunyai kemungkinan yang paling besar untuk wanita yang memiliki anak yang lain yang dirawat ditempat perawatan karena ada kesempatan untuk terpajan dengan anak lain yang terinfeksi.

Meskipun perhatian pada perawatan kesehatan selama kehamilan atau pekerja perawatan secara rutin terpajan pada sekresi dan ekskresi dari pasien dan anak, studi epidemiologi tentang pekerjaan tidak konsisten tidak menunjukkan peningkatan resiko mendapat infeksi ini. Namun, pekerja yang hamil harus member perhatian terhadap risiko penularan diarea ini.