Virus Hepatitis yang Ditularkan Melalui Rute Fekal Oral

Hepatitis A

Hepatitis A adalah virus yang hampir selalu ditularkan melalui rute fekal-oral. Virus ini menimbulkan hepatitis akut tanpa keadaan kronik atau menetap seperti yang ditunjukkan oleh virus hepatitis darah.

Pada anak, penyakit ini sering tidak dikenali atau tampak dengan keluhan tidak parah. Gejala lebih terlihat pada orang dewasa dan dapat berupa kelemahan sampai dengan demam, ikterik, mual dan muntah.

Penyakit ini biasanya berlangsung 1 sampai 3 minggu. Pasien jarang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan pada saat gejala muncul, sangat kecil kemungkinan menular pada orang lain.

Karena dapat ditularkan dalam makanan dan air yang terkontaminasi, hepatitis A dapat menjadi potensi epidemic dinegara dengan penanganan fasilitas yang buruk.

Petugas penyiapan makanan yang terinfeksi mempunyai potensi penularan penyakit pada orang lain jika kebersihan diri tidak dilakukan dengan baik.

Tes antibody hepatitis A yang tersedia mendeteksi IgM yang menunjukkan infeksi akut atau yang baru terjadi, atau IgG yang menunjukkan infeksi yang sudah sembuh.

Bulan februari 1995, United States Food and Drug Administration mengakui vaksin pertama didunia yang diberikan untuk mengatasi hepatitis A.

Vaksin yang disebut Havrix, dibuat dari virus Hepatitis yang non aktif. Menurut pabrik yang memproduksi vaksin ini, satu dosis 96% efektif.

Hepatitis E

Hepatitis E adalah infeksi virus yang menyebar melalui kontaminasi makanan dan air melalui jalur fekal-oral. Sampai dengan saat ini, infeksi disebut sebagai hepatitis enteric Non-A Non-B.

Diagnose dibuat dengan menyingkirkan hepatitis A, B dan C, dan menentukan yang paling mungkin dari sumber makanan atau air yang terkontaminasi. Sekarang tes untuk antibody untuk hepatitis E telah tersedia, studi epidemiologi akan sangat terfasilitasi.

Hepatitis E telah jarang di temukan di Amerika Serikat, tetapi berhubungan dengan epidemic dari air yang terkontaminasi di Asia, Afrika, dan Republic Soviet.

Di Amerika Serikat, hepatitis E harus dipertimbangkan pada beberapa orang yang telah melakukan perjalanan keluar negeri dan mempunyai gejala virus hepatitis tetapi serologi negative untuk virus hepatitis lain.