Kolera Penyakit Menular Penyebab Kematian

Vibrio cholera

Meskipun dalam dekade terakhir jarang dilaporkan kasus-kasus kolera di Amerika Serikat, tidak ada pembahasan diare infeksius yang lengkap tanpa memperhatikan penyakit infeksi yang sangat serius ini.

Dalam sejarahnya, epidemic kolera telah mempengaruhi semua aspek hidup dari medis sampai politik dan rata-rata infeksi telah cukup menghancurkan pemerintahan dan militer.

Organism Vibrio Cholera adalah organism gram negatiif dengan beberapa serotipi yang berbeda. Tipe yang biasanya berhubungan dengan epidemic adalah toksigenik Vibrio Cholera 01.

Orang ditulari dengan kontaminasi makanan atau air. Beberapa tahun belakangan ini, kasusu paling banyak di Amerika Serikat bersal dari kontaminasi kerang yang ditemukan diteluk Meksiko.

Kolera menyebabkan penyakit dengan awitan sangat cepat diare hebat sampai 1 L cairan per jam dapat hilang. Dehidrasi, dilanjutkan dengan kolaps kardiopulmonal meyebabkan cepatnya kematian sehingga penyakit ini dikenal sebagai penyakit pembawa kematian.

Prinsip dari terapi adalah rehidrasi. Usaha rehidrasi harus dilakukan dengan cermat dan berkelanjutan. Jika hidrasi oral tidak dapat memenuhi kebutuhan hidrasi, pasien harus dirawat untuk terapi intravena.

Di Amerika Serikat, kolera diduga dialami pasien yang mengalami diare berair setelah makan kerang yang dipanen dari teluk Meksiko. Konfirmasi mengenai organism penyebab dapat dibuat dengan kultur feses.

Dianjurkan semua kasus dilaporkan pada pelayanan kesehatan masyarakat baik local maupun tingkat nasional/Negara.