Fakta Unik Tentang Penyakit Jantung

Sudah bukan rahasia lagi bila penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya dan penyakit yang di takuti oleh semua pihak. Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, entah itu orang tua, anak kecil, pria maupun wanita. Dari semua golongan manusia dapat terserang penyakit jantung.

Penyakit jantung merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal-hal tersebut antara lain Otot jantung yang lemah (kelainan bawaan sejak lahir) dan atau adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri.

Karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi saat penderita masih di dalam kandungan. Hal ini menyebabkan darah bersih dan darah kotor tercampur.

Memang penyakit jantung sangat berbahaya namun, tak semua orang tahu mengenai fakta-fakta tersembunyi seputar penyakit jantung. Fakta-fakta unik mengenai penyakit jantung ini sebaiknya kita ketahui agar kita dapat mengenal penyakit jantung lebih dekat.

Fakta-fakta unik tentang penyakit jantung adalah :

1.   Sepertiga penderita meninggal karena penyakit jantung

Sepertiga orang yang terkena penyakit jantung pasti berakhir dengan kematian. Fakta ini sudah menggambarkan betapa ganasnya penyakit ini.

2.   Tiap menit meninggal karena penyakit jantung

Menurut statistik, serangan penyakit jantung di seluruh dunia terjadi tiap 20 detik dan tiap sekitar satu menit terjadi satu kematian yang disebabkan penyakit jantung.

3.   Wanita lebih sering meninggal

Lebih banyak wanita yang meninggal karena penyakit jantung dibandingkan laki-laki. Dan wanita berusia lebih dari 50 tahun yang meninggal karena penyakit jantung jumlahnya dua kali lipat lebih besar dibandingkan laki-laki. Sementara, wanita berusia kurang dari 50 tahun yang meninggal karena penyakit jantung jumlahnya lebih banyak dibandingkan laki-laki yang meninggal.

4.   50% meninggal sebelum sampai rumah sakit

Jumlah orang yang mengalami serangan penyakit jantung dan akhirnya meninggal sebelum sampai ke rumah sakit mencapai 50 persen. Hanya sekitar 9 persen orang yang terserang penyakit jantung yang selamat dan sempat dirawat di rumah sakit, meski kemudian meninggal.

5.   Wanita lambat merasakan serangan jantung

Wanita lebih lambat dalam merasakan gejala penyakit jantung. Menurut data, wanita lebih lama 2-4 jam merasakan gejala serangan jantung. Ini mungkin yang menjadi alasan mengapa wanita yang meninggal karena sakit jantung jauh lebih banyak dibandingkan laki-laki.

6.   Lebih berbahaya dari berkendara

Banyak orang meninggal karena kecelakaan di jalan raya. Namun, orang yang meninggal karena penyakit jantung jauh lebih besar. Potensi orang yang meninggal karena sakit jantung sepuluh kali lebih besar dibandingkan karena kecelakaan di jalan raya.

7.   Penyakit mahal

Penyakit jantung merupakan penyakit mahal. Sebuah riset di Amerika Serikat menyebutkan bahwa tiap tahun pengobatan penyakit jantung menghabiskan sekitar US$ 600 milyar.

8.   Lebih ganas dari AIDS

AIDS memang penyakit yang berbahaya. Namun faktanya, orang yang meninggal karena penyakit jantung masih jauh lebih banyak. Dibandingkan AIDS, potensi penduduk bumi yang meninggal karena penyakit jantung 30 kali lebih besar.

9.   Satu dari dua orang meninggal karena penyakit jantung dan stroke

Berdasarkan data, satu dari dua orang yang meninggal disebabkan oleh penyakit jantung dan stroke. Kedua penyakit ini merupakan pembunuh yang paling banyak mengakibatkan kematian dibandingkan penyakit lainnya.

10.   Sering menyerang di pagi hari

Penyakit jantung paling sering menyerang pada Senin pagi. Waktu tersering kedua terjadi pada Sabtu pagi. Pagi hari sering menjadi waktu favorit penyakit jantung menyerang karena pembuluh darah menyempit di waktu pagi.

11.   Minum aspirin

Menelan aspirin saat kondisi stres bisa mengurangi potensi serangan jantung. Penjelasan ilmiahnya, karena otot jantung menjadi tidak terlalu tegang sehingga potensi serangan jantung berkurang.

12.   Keturunan berperan besar

Banyak penderita sakit jantung memiliki sejarah yang sama dengan orangtuanya. Garis keturunan ternyata punya faktor yang cukup besar pada terjadinya sakit jantung pada seseorang.

13.   Satu dari empat orang mengidap penyakit jantung

Di Amerika, terdapat lebih dari 60 juta orang yang menderita sedikitnya satu penyakit berat. Bila diteliti lebih jauh, satu dari empat orang diantaranya mengidap penyakit jantung.

14.   Penyakit jantung punya dua pilihan

Penyakit jantung adalah penyakit yang sulit sembuh. Tiap orang yang pernah diserang penyakit ini, biasanya hanya punya dua pilihan : Terus didera penyakit jantung seterusnya atau meninggal. Tidak banyak orang yang mampu sembuh dari penyakit ini.

15.   Penyakit jantung pembunuh No. 1

Di banyak negara, penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu terbanyak. Bahkan sekalipun penyakit pembunuh nomor dua dan ketiga digabungkan jumlah “korban”-nya, penyakit jantung masih lebih banyak menelan korban.

Semoga ulasan fakta-fakta di atas seputar penyakit jantung dapat menambah kewaspadaan bagi mereka yang rentan terhadap penyakit jantung ini. Bagaimanapun adalah jauh lebih mudah mencegah daripada mengobati, karena itu mulailah gaya hidup sehat sekarang juga seperti rajin berolahraga, hindari rokok, hindari alkohol, hindari makanan sarat lemak dan kolesterol serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.