Informasi Ciri-Ciri Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang mengganggu sistem pembuluh darah atau lebih tepatnya menyerang jantung dan urat-urat darah.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat mematikan dan paling ditakuti di dunia selain kanker. Resiko terkena penyakit jantung bisa terjadi pada siapa saja.

Penyakit ini bisa kambuh kapan saja dan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani secara serius. Kita tahu bahwa jantung merupakan salah satu organ vital manusia karena jantung bertugas untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Banyak orang yang mengatakan bahwa penyakit jantung menyerang secara tiba-tiba. Padahal, seseorang yang mengidap penyakit jantung biasanya mengalami beberapa ciri-ciri penyakit jantung.

Ciri-ciri penyakit jantung

Ada beberapa ciri-ciri yang biasanya menyerang atau dialami oleh penderita penyakit jantung, namun ciri yang paling umum di antaranya adalah :

  • Gejala Sesak Nafas

Jika Anda sering mengalami pernafasan yang tidak stabil atau sesak nafas, jangan anggap remeh gejala ini karena ini bisa menjadi salah satu indikasi Anda terkena penyakit jantung.

Banyak yang mengira bahwa sesak nafas adalah gejala yang dialami oleh para penderita asma. Namun, serangan sesak nafas merupakan salah satu ciri-ciri penyakit jantung yang paling umum. Hal ini disebabkan karena jika ada penyakit jantung, terkadang ada cairan yang masuk ke rongga paru-paru sehingga akan sangat mengganggu udara saat masuk ke paru-paru.

Akhirnya hal inilah yang sebenarnya menyebabkan seseorang mengalami sesak nafas. Jika saat beristirahat atau tidur Anda mengalami sesak nafas, Anda bisa dimasukkan ke dalam kategori penderita penyakit jantung tingkat lanjut atau penyakit jantung kronis.

  • Sering Merasa Pusing dan Pingsan

Seseorang yang sering mengalami sakit kepala atau pusing yang dapat menyebabkan orang tersebut pingsan, hal itu merupakan salah satu ciri penyakit jantung. Biasanya, para penderita penyakit jantung akan mengalami gejala ini.

Pusing dan pingsan merupakan akibat dari sistem kinerja otot jantung yang sudah mulai melemah sehingga mengakibatkan darah yang dipompa tidak mampu bekerja secara maksimal. Jika darah yang dipompa tidak normal maka aliran darah ke seluruh tubuh pun menjadi kacau.

  • Jantung Sering Berdebar (Palpilasi)

Ciri-ciri penyakit jantung yang satu ini juga harus diwaspadai. Gejala jantung yang sering berdegup kencang tanpa sebab dan sering muncul harus segera diperiksakan ke dokter. Selain jantung berdegup kencang, biasanya gejala ini juga diiringi dengan gejala-gejala lainnya. Jangan anggap remeh gejala ini karena bisa jadi penyakit jantung sudah parah.

  • Jantung Sering Terasa Nyeri

Jika Anda mengalami nyeri pada bagian tubuh tertentu, hal ini disebabkan karena suplai pasokan darah tidak lancar dan mengalami kekurangan di beberapa bagian tubuh. Jika pasokan darah berkurang maka tubuh akan terasa nyeri atau mengalami kram. Selain itu,pada bagian dada juga terasa nyeri setiap hari. Jika Anda mengalami gejala ini, maka sebaiknya Anda segera periksa ke dokter untuk mengetahui diagnosisnya.

  • Mudah Lelah

Bila Anda merasa badan mudah lelah, hal ini bisa jadi karena pasokan darah ke seluruh tubuh kurang bekerja secara maksimal. Gejala ini merupakan salah satu ciri-ciri penyakit jantung. Walaupun demikian, mudah lelah belum tentu merupakan penyakit jantung.

Untuk menormalkan dan memaksimalkan kinerja jantung, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter secara rutin dan rajin berolahraga yang ringan. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, minum minuman keras, candu, atau kebiasaan tidak sehat lainnya, hilangkan kebiasaan buruk ini jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung. Selain itu, imbangi juga dengan gaya hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan organik.

  • Mengalami Masalah Pencernaan

Berdasarkan sebuah studi, hasilnya menunjukkan bahwa wanita dua kali lebih berpeluang mengalami mual, muntah, dan gangguan pencernaan beberapa bulan sebelum terkena serangan jantung daripada pria. Hal ini terjadi karena adanya sumbatan lemak di arteri. Sumbatan ini dapat mengurangi aliran darah ke jantung dan biasanya terjadi di dada. Kadang-kadang juga bisa terjadi di perut. Sebenarnya hal ini tergantung pada bagian jantung yang mana yang mengalami gangguan sehingga sinyal rasa sakit dikirimkan di bagian tubuh yang posisinya lebih rendah daripada dada.

Demikianlah beberapa ciri-ciri penyakit jantung yang umum dialami oleh penderita penyakit jantung. Penyakit jantung memang mengerikan. Namun, kita bisa mencegahnya dengan pola hidup sehat, rajin berolahraga, dan menghindari makanan-makanan berlemak.