Penyebab, Gejala, Diagnosa Dan Pengobatan Inas

Foto Penyebab, Gejala, Diagnosa Dan Pengobatan Penyakit InasInas adalah bisul yang menyerang kulit secara berkelompok pada leher bagian belakang. Inas terjadi akibat infeksi pada folikel rambut ditandai keluarnya nanah (abses) di bawah kulit. Inas sering terjadi di daerah berbulu seperti punggung atau tengkuk tetapi juga dapat terjadi pada paha, bokong, dan pangkal paha. Hal ini dapat menyakitkan karena adanya infeksi kulit. Pada awalnya Inas ditandai adanya benjolan kemerah-merahan pada kulit dan akan membesar disertai dengan nanah yang akan menimbulkan rasa sakit.

Penyebab:

Bakteri Staphylococcus aureus merupakan penyebab munculnya bisul yang akan menyerang permukaan kulit pada tenggorokan dan area lain dari tubuh. Biasanya masuk ke tubuh melalui folikel rambut atau luka kecil pada kulit. Setelah kulit terinfeksi, maka kulit akan benjol disertai dengan nanah yang menyebabkan rasa sakit.

Yang beresiko?

Orang yang memiliki masalah kulit kronis, penderita diabetes atau penderita penyakit ginjal atau orang dengan kekebalan tubuh lemah dan orang-orang usia lanjut rentan terserang penyakit ini. Bisul banyak ditemukan pada mereka yang sering gonta ganti handuk dan pakaian pada orang lain. Inas juga dapat berkembang pada area tubuh yang selalu basah tanpa udara bebas dan juga dapat terjadi akibat pemotongan rambut.

Gejala:

Inas adalah cluster atau kelompok bisul atau luka yang ditemukan di bagian belakang leher atau bahu. Ini telah berisi nanah yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Seringkali, bisul menyebabkan infeksi yang mendalam bila dibandingkan dengan bisul tunggal. Tapi Inas dapat sembuh dengan cepat ketika nanah telah keluar dan mengering.

Beberapa orang bisa demam dan lelah serta perasaan tidak nyaman. Dan bisa juga terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher atau pangkal paha atau ketiak.

Diagnosa:

Dokter dapat mendiagnosa bisul dengan memeriksa gejala cluster bisul. Jika diperlukan Dokter akan menguji bisul di laboratorium untuk mengetahui ada atau tidaknya bakteri.

Pengobatan:

Ketika Anda terkena cluster bisul jangan tusukan jarum atau benda tajam karena akan memperburuk kondisi ini. Anda bisa mengunakan kompresi hangat pada daerah yang terkena. Lakukan proses ini berkali-kali dalam sehari. Kain yang digunakan untuk kompres hangat harus dicuci dalam air panas dan dikeringkan di bawah sinar matahari.

Cuci tangan dengan bersih setelah menyentuh daerah yang terkena sehingga cairan nanah tidak akan menyebar ke daerah kulit lainnya. Dalam kasus rasa sakit, Anda bisa mengkonsumsi ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Bisul kecil dapat diobati di rumah dengan memanfaatkan kompres hangat serta mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri. Untuk bisul ukuran besar, Anda dapat mengunjungi dokter.

Pemberian antibiotik diperlukan jika orang yang memiliki kekebalan yang lemah atau terpengaruh dengan penyakit menular lainnya. Bisul akan memerlukan waktu maksimal 1-2 minggu untuk penyembuhan.

You may also like...