Penyakit Onchocerciasis

Onchocerciasis adalah gangguan kulit yang disebabkan oleh lalat hitam. Lalat hitam membawa cacing Onchocerca volvulus. Lalat hitam biasanya berkembang biak di sungai dan sungai menyebarkan infeksi ke orang-orang yang tinggal di dekatnya. Penyakit ini disebut River Blindness karena virus cacing menyebar melalui sungai.

Sekali saja cacing ini memasuki tubuh manusia, bisa menghasilkan ribuan larva dan kemudian akan menyebar ke mata dan menyebabkan kulit infeksi. Dalam kasus yang jarang terjadi dapat menyebabkan kebutaan pada penderitanya.

Kebutaan yang disebabkan oleh onchocerciasis dapat dicegah dengan perawatan ekstra. Lebih dari 18 juta orang di seluruh dunia yang terkena infeksi ini dan setidaknya 2 juta orang telah menjadi buta. Penyakit ini tersebar luas di Afrika dan beberapa bagian Amerika Latin dan Yaman.

Penyebab:

Penyakit ini disebabkan oleh gigitan lalat hitam (lalat betina dengan nama Simulium) yang mentransmisikan cacing ke dalam darah.

Larva parasit ini terjadi secara bertahap dan lalat akan mengeluarkan larva pada tahap ke-3 ke dalam kulit tubuh kita. Cacing jantan akan berada di nodul dari jaringan ikat yang kemudian akan bergerak untuk menemukan cacing betina dan kawin. Dalam proses ini cacing betina akan menghasilkan ribuan cacing mikro filaria dalam tubuh. Cacing ini mampu memproduksi sekitar 1.800 butir per hari. Cacing ini terletak pada kulit dan kelenjar getah bening dari jaringan ikat dan hanya dalam kasus yang jarang terjadi dapat masuk ke dalam darah.

Gejala:

Gejala pertama dari infeksi cacing akan terjadi hanya setelah satu tahun atau bahkan lebih. Sampai periode itu cacing tertidur pada kulit manusia. Beberapa gejala awal seperti nyeri sendi, demam dan gatal-gatal pada kulit. Seringkali tidak ada gejala bagi banyak orang dan karenanya penyakit ini sulit untuk dilakukan pemeriksaan.

Beberapa orang akan mengalami iritasi kulit dan rasa gatal. Ini adalah respon dari mekanisme pertahanan yang melawan volvulus onchocerciasis. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan kulit menebal dan pecah-pecah pada permukaan kulit.

Sowda adalah infeksi subkutan intens di mana kulit akan hitam dan tebal. Ini membentuk bercak merah pada kulit. Atrophy adalah kondisi di mana kulit mengering dan keriput.

Bagi sebagian orang dapat menyebabkan depigmentasi (hilangnya warna dalam folikel rambut)

Diagnosa:

Meraba kulit merupakan proses untuk mendeteksi nodul. Larva cacing akan berkonsentrasi pada nodul membentuk kulit yang tebal dan karenanya meraba kulit dapat membantu mendiagnosis penyakit ini. Namun dokter biasa menggunakan mikroskop untuk mendeteksi microfilaria.

Pengobatan:

Sulit untuk mengobati onchocerciasis karena tidak ada obat positif yang tersedia sampai saat ini untuk mengobati penyakit onchocerciasis. Obat diethylcarbamazine perna digunakan tetapi karena menimbulkan efek samping yang parah maka penggunaan diethylcarbamazine dilarang.